PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV DI MIS NUR AL AMIN MEDAN T.A 2023/2024

ISTIQOMAH, ADINDA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV DI MIS NUR AL AMIN MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311052_Cover.pdf] Text
1203311052_Cover.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 1203311052_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311052_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203311052_Abstrak.pdf] Text
1203311052_Abstrak.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 1203311052_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311052_Kata_Pengantar.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of 1203311052_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311052_Daftar_Isi.pdf

Download (504kB)
[thumbnail of 1203311052_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311052_Daftar_Gambar.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 1203311052_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311052_Daftar_Tabel.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of 1203311052_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311052_Daftar_Lampiran.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of 1203311052_BAB_I.pdf] Text
1203311052_BAB_I.pdf

Download (507kB)
[thumbnail of 1203311052_BAB_V.pdf] Text
1203311052_BAB_V.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of 1203311052_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311052_Daftar_Pustaka.pdf

Download (506kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di MIS Nur Al-Amin Medan T.A 2023/2024. Populasi penelitian ini terdiri dari 92 siswa yang terdiri 31 siswa kelas IV-A, 32 siswa kelas IV-B, dan 28 siswa kelas IV-C. Sampel penelitian menggunakan teknik Nonequivalent Control Group Design, jenis penelitian yaitu quasi experimental design. Sebelum dilaksakannya penelitian instrument penelitian dilakukan pengujian yaitu uji validitas, Realibilitas, Daya Beda, dan Kesukaran instrument. Tahap berikutnya kedua kelas sampel akan diberikan pretest (tes awal), lalu akan diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan menggunakan model PBL dan kontrol menggunakan metode konvensional (ceramah) dan tahap berikutnya akan diberikan posttest (tes akhir). Berdasarkan hasil uji normalitas didapatkan hasil signifikansi 0.002 berikutnya uji homogenitas didapatkan hasil signifikansi 0.990 dan hasil uji hipotesis dinyatakannya bahwa terdapat pengaruh dengan nilai signifikansi sebesar 0,001. Sehingga dapat disimpulkan pada tahap akhir melalui uji hipotesis bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Berpikir Kritis, Model Problem Based Learning (PBL)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:09
Last Modified: 21 Jul 2025 08:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60210

Actions (login required)

View Item
View Item