ISTIQOMAH, ADINDA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV DI MIS NUR AL AMIN MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203311052_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311052_Cover.pdf
Download (257kB)
![[thumbnail of 1203311052_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311052_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203311052_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311052_Abstrak.pdf
Download (256kB)
![[thumbnail of 1203311052_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311052_Kata_Pengantar.pdf
Download (413kB)
![[thumbnail of 1203311052_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311052_Daftar_Isi.pdf
Download (504kB)
![[thumbnail of 1203311052_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311052_Daftar_Gambar.pdf
Download (227kB)
![[thumbnail of 1203311052_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311052_Daftar_Tabel.pdf
Download (346kB)
![[thumbnail of 1203311052_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311052_Daftar_Lampiran.pdf
Download (346kB)
![[thumbnail of 1203311052_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311052_BAB_I.pdf
Download (507kB)
![[thumbnail of 1203311052_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311052_BAB_V.pdf
Download (371kB)
![[thumbnail of 1203311052_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311052_Daftar_Pustaka.pdf
Download (506kB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di MIS Nur Al-Amin Medan T.A 2023/2024. Populasi penelitian ini terdiri dari 92 siswa yang terdiri 31 siswa kelas IV-A, 32 siswa kelas IV-B, dan 28 siswa kelas IV-C. Sampel penelitian menggunakan teknik Nonequivalent Control Group Design, jenis penelitian yaitu quasi experimental design. Sebelum dilaksakannya penelitian instrument penelitian dilakukan pengujian yaitu uji validitas, Realibilitas, Daya Beda, dan Kesukaran instrument. Tahap berikutnya kedua kelas sampel akan diberikan pretest (tes awal), lalu akan diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan menggunakan model PBL dan kontrol menggunakan metode konvensional (ceramah) dan tahap berikutnya akan diberikan posttest (tes akhir). Berdasarkan hasil uji normalitas didapatkan hasil signifikansi 0.002 berikutnya uji homogenitas didapatkan hasil signifikansi 0.990 dan hasil uji hipotesis dinyatakannya bahwa terdapat pengaruh dengan nilai signifikansi sebesar 0,001. Sehingga dapat disimpulkan pada tahap akhir melalui uji hipotesis bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Berpikir Kritis, Model Problem Based Learning (PBL) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:09 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60210 |