PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD SWASTA KENCANA SASTRA KECAMATAN PERCUT SEI TUAN T.A 2022/2023

PRATIWI, ADELIA (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD SWASTA KENCANA SASTRA KECAMATAN PERCUT SEI TUAN T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1173311003_Cover.pdf] Text
1173311003_Cover.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 1173311003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1173311003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of 1173311003_Abstrak.pdf] Text
1173311003_Abstrak.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1173311003_Kata_Pengantar.pdf] Text
1173311003_Kata_Pengantar.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of 1173311003_Daftar_Isi.pdf] Text
1173311003_Daftar_Isi.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 1173311003_Daftar_Gambar.pdf] Text
1173311003_Daftar_Gambar.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1173311003_Daftar_Tabel.pdf] Text
1173311003_Daftar_Tabel.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1173311003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1173311003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 1173311003_BAB_I.pdf] Text
1173311003_BAB_I.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of 1173311003_BAB_V.pdf] Text
1173311003_BAB_V.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 1173311003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1173311003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (262kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran
Course Review Horay (CRH), terhadap hasil belajar IPA kelas V SD Swasta
Kencana Sastra Kecamatan Percut Sei Tuan T.A 2022/2023. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas V SD Swasta Kencana Sastra yang berjumlah
sebanyak 45 siswa, 25 siswa untuk kelas eksperimen dan 20 siswa untuk kelas
kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang berbentuk pilihan ganda. Nilai
rata-rata kelas eksperimen adalah 91,68. Sedangkan untuk kelas kontrol adalah
82,2. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa
kelas ekperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Data dianalisis dengan uji
hipotesis yang digunakan adalah uji-t yang dilanjutkan dengan uji signifikan pada
taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil tersebut terhadap perbedan antara motode
Course Review Horay dengan metode pembelajaran konvensional. Dari hasil
hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,645 > 2,02 pada taraf α = 0,05. Maka H0
ditolak dan Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh yang
signifikan dengan menggunakan metode Pembelajaran Course Review Horay
terhadap hasil belajar siswa pada tema 2 kelas V SD Swasta Kencana Percut
Seituan T.A 2022/2023” teruji kebenarannya. Berdasarkan penjelasan yang telah
dipaparkan diatas dapat disimpulkan bahwa metode Pembelajaran Course Review
Horay dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran, Course Review Horay
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:11
Last Modified: 21 Jul 2025 08:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60205

Actions (login required)

View Item
View Item