PENGARUH PERMAINAN PAPAN GEMBIRA EDUKATIF TERHADAP PERCAYA DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD PERMATA BUNDA DI DESA PULAU GAMBAR KEC. SERBA JADI KAB. SERDANG BEDAGAI

MUNASTI, SAIDA (2024) PENGARUH PERMAINAN PAPAN GEMBIRA EDUKATIF TERHADAP PERCAYA DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD PERMATA BUNDA DI DESA PULAU GAMBAR KEC. SERBA JADI KAB. SERDANG BEDAGAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1191113019_Cover.pdf] Text
1191113019_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 1191113019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191113019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of 1191113019_Abstrak.pdf] Text
1191113019_Abstrak.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 1191113019_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191113019_Kata_Pengantar.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 1191113019_Daftar_Isi.pdf] Text
1191113019_Daftar_Isi.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 1191113019_Daftar_Gambar.pdf] Text
1191113019_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1191113019_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191113019_Daftar_Tabel.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1191113019_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1191113019_Daftar_Lampiran.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1191113019_BAB_I.pdf] Text
1191113019_BAB_I.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of 1191113019_BAB_V.pdf] Text
1191113019_BAB_V.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 1191113019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191113019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (141kB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini yaitu masih ada anak yang belum berani
bertanya dan menjawab pertanyaan dari gurunya, jika anak diminta untuk
bertanya anak hanya cenderung diam saja dan tidak bertanya dan jika diberi
pertanyaan anak tidak mau menjawabnya atau malu menjawabnya, belum berani
mengemukakan pendapatnya secara sederhana, belum berani mengambil
keputusan secara sederhana, belum berani bercerita secara sederhana seperti
ketika anak diminta untuk menceritakan kejadian yang dialaminya hari ini anak
masih malu atau bahkan ada anak yang tidak ingin bercerita, anak masih sulit
berbaur atau takut jika bermain bersama temannya sehingga anak hanya bermain
dengan temannya yang itu-itu saja dan tidak mau bergabung dengan teman
lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh
permainan papan gembira edukatif terhadap percaya diri anak usia 5-6 tahun di
PAUD Permata Bunda, dengan populasi sebanyak 15 anak dan yang menjadi
sampel yaitu 15 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik
sampling jenuh. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu Quasi
Experimental Design dengan bentuk The Equivalent Time Samples Design. The
Equivalent Time Samples Design. Instrument penelitian yang digunakan yaitu
lembar observasi. Hasil dari penelitian ini yaitu pada observasi pertama (X1) yaitu
memperoleh skor rata-rata 7,6 dan masuk ke dalam kategori Mulai Berkembang.
Pada observasi kedua (X0) memperoleh skor rata-rata 6 dan masuk ke dalam
kategori Mulai Berkembang. Pada observasi ketiga (X1) memperoleh skor ratarata
14,47 dan masuk ke dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan. Pada
observasi keempat (X0) memperoleh skor rata-rata 12 dan masuk ke dalam
kategori Berkembang Sesuai Harapan. Berdasarkan hasil perhitungan Uji
Friedman hasil Asymp. Sig (0,000) < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh yang signifikant dari permainan papan gembira edukatif terhadap
percaya diri anak usia 5-6 tahun di PAUD Permata Bunda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengaruh, Permainan Papan Gembira Edukatif, Percaya Diri.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ767 Children. Child development
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:23
Last Modified: 21 Jul 2025 08:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60171

Actions (login required)

View Item
View Item