HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENGHITUNG VOLUME KONSTRUKSI BANGUNAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BATU DAN BETON SMK NEGERI 1 BALIGE

Hutapea, Hanter (2016) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENGHITUNG VOLUME KONSTRUKSI BANGUNAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BATU DAN BETON SMK NEGERI 1 BALIGE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM 5102111005 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM 5102111005 COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM 5102111005 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM 5102111005 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 5102111005 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
3.NIM 5102111005 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM 5102111005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.NIM 5102111005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM 5102111005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5.NIM 5102111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM 5102111005 TABLES.pdf]
Preview
Text
6.NIM 5102111005 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM 5102111005 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7.NIM 5102111005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM 5102111005 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8.NIM 5102111005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM 5102111005 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9.NIM 5102111005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM 5102111005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13.NIM 5102111005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM 5102111005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.NIM 5102111005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Hubungan Disiplin Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Menghitung Volume Konstruksi Bangunan Sederhana. Data variabel Disiplin Belajar ini dijaring dengan menggunakan angket dan Motivasi Belajar dijaring menggunakan Angket, sedangkan untuk Hasil Belajar Menghitung Volume Konstrksi Bangunan Sederhana yang di peroleh melalui data dokumentasi.
Sebelum penelitian ini dilakukan, instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, dan reliabilitas. 1) Hasil uji coba angket Disiplin Belajar diperoleh 28 butir dari 30 butir yang diujicobakan dengan koefisien reliabilitas = 0,898 dan termasuk kategori sangat tinggi. 2) Hasil uji coba angket Motivasi Belajar 23 butir soal dari 25 butir yang diujicobakan, koefisien reliabilitas = 0,902 dan termasuk kategori sangat tinggi.
Uji normalitas masing – masing variabel penelitian didapat hasil sebagai berikut : (1) Disiplin Belajar (X_1) yaitu 〖X^2〗_hit = 7,79 < 〖X^2〗_tab = 11,070 berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. (2) Motivasi Belajar (X2) yaitu 〖X^2〗_hit = 8,73 < 〖X^2〗_tab = 11,070 berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. (3) Hasil Belajar Menghitung Volume Konstruksi Bangunan Sederhana (Y) yaitu 〖X^2〗_hit = 5,69 < 〖X^2〗_tab = 11,070 berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%.
Uji kelinieran persamaan regresi masing – masing variabel penelitian didapat hasil : (1) persamaan regresi sederhana Y atas X1 yaitu Y = 105,055 + (-0,390) X1, mempunyai hubungan yang linier dimana F_(hitung <) F_tabel (-2,313 <2,55) pada taraf signifikan 5%. (2) persamaan regresi sederhana Y atas X2 yaitu Y = 78,752 + (- 0,046) X2 mempunyai hubungan yang linier dimana F_hit<F_tab (-3,641<2,55) pada taraf signifikan 5%.
Uji keberartian persamaan regresi antara variabel penelitian didapat hasil : (1) persamaan regresi sederhana Y atas X1 yaitu Y = 105,055 + (-0,390) X1, mempunyai kontribusi positif dan berarti dimana F_(hit > ) F_tab (4,470 > 4,20) pada taraf signifikan 5%. (2) persamaan regresi sederhana Y atas X2 yaitu Y = 78,752 + (- 0,046) X2 mempunyai kontribusi positif dan berarti dimana F_(hit > ) F_tab (4,470 > 4,20) pada taraf signifikan 5%. (3) persamaan regresi ganda Y atas X1 dan X2 yaitu Y ̂= -31,086+0,121X_1+1,135X_2 pada taraf signifikan 5%.
Dengan demikian hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan yang positif dan berarti antara : (1) Disiplin Belajar (X_1) terhadap Hasil Belajar Menghitung Volume Konstruksi Bangunan Sederhana (Y) dapat di terima. (2) Motivasi Belajar (X2) terhadap Hasil Belajar Menghitung Volume Konstruksi Bangunan Sederhana (Y) dapat di terima. (3) Disiplin Belajar (X_1) dan Motivasi Belajar (X2) terhadap Hasil Belajar Menghitung Volume Konstruksi Bangunan Sederhana (Y) dapat di terim

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BAN 018
Keywords: Hasil Belajar; Motivasi Belajar; Disiplin
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 Jun 2016 07:13
Last Modified: 27 Jun 2016 07:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6017

Actions (login required)

View Item
View Item