Manullang, Ribka Sopia (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POGIL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203331017_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331017_Cover.pdf
Download (17kB)
![[thumbnail of 4203331017_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (43kB)
![[thumbnail of 4203331017_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331017_Abstrak.pdf
Download (138kB)
![[thumbnail of 4203331017_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331017_Kata_Pengantar.pdf
Download (232kB)
![[thumbnail of 4203331017_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331017_Daftar_Isi.pdf
Download (107kB)
![[thumbnail of 4203331017_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331017_Daftar_Gambar.pdf
Download (70kB)
![[thumbnail of 4203331017_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331017_Daftar_Tabel.pdf
Download (78kB)
![[thumbnail of 4203331017_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331017_Daftar_Lampiran.pdf
Download (55kB)
![[thumbnail of 4203331017_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331017_BAB_I.pdf
Download (173kB)
![[thumbnail of 4203331017_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331017_BAB_V.pdf
Download (109kB)
![[thumbnail of 4203331017_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (155kB)
Abstract
Penelitian ini menggunakan dua sampel kelas yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan masing – masing kelas terdiri dari 32 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest dan postest melibatkan kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen test yang digunakan adalah 20 soal pilihan berganda dan instrument non tes berupa angket minat sebanyak 20 pernyataan. Untuk uji hipotesis digunakan uji t dan uji korelasi product moment. Hasil penelitian diperoleh nilai pada hipotesis I yaitu thitung > ttabel dimana harga thitung 13,33 dan ttabel sebesar 2,04 menyatakan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran POGILberbantuan video animasi Powtoon lebih besar daripada yang dibelajarkan dengan metode konvensional, sedangkan untuk uji hipotesis II diperoleh nilai thitung > ttabel dengan harga 0,63 > 0,34 sehingga hal ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa dengan hasil belajar siswa memiliki korelasi dengan kategori yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | POGIL, Media Video animasi Powtoon, Minat Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 08:01 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60160 |