PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POGIL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Manullang, Ribka Sopia (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POGIL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203331017_Cover.pdf] Text
4203331017_Cover.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of 4203331017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203331017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 4203331017_Abstrak.pdf] Text
4203331017_Abstrak.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 4203331017_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203331017_Kata_Pengantar.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 4203331017_Daftar_Isi.pdf] Text
4203331017_Daftar_Isi.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 4203331017_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203331017_Daftar_Gambar.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 4203331017_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203331017_Daftar_Tabel.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 4203331017_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203331017_Daftar_Lampiran.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 4203331017_BAB_I.pdf] Text
4203331017_BAB_I.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 4203331017_BAB_V.pdf] Text
4203331017_BAB_V.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 4203331017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203331017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (155kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan dua sampel kelas yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan masing – masing kelas terdiri dari 32 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest dan postest melibatkan kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen test yang digunakan adalah 20 soal pilihan berganda dan instrument non tes berupa angket minat sebanyak 20 pernyataan. Untuk uji hipotesis digunakan uji t dan uji korelasi product moment. Hasil penelitian diperoleh nilai pada hipotesis I yaitu thitung > ttabel dimana harga thitung 13,33 dan ttabel sebesar 2,04 menyatakan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran POGILberbantuan video animasi Powtoon lebih besar daripada yang dibelajarkan dengan metode konvensional, sedangkan untuk uji hipotesis II diperoleh nilai thitung > ttabel dengan harga 0,63 > 0,34 sehingga hal ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa dengan hasil belajar siswa memiliki korelasi dengan kategori yang tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: POGIL, Media Video animasi Powtoon, Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Feb 2025 08:01
Last Modified: 25 Feb 2025 08:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60160

Actions (login required)

View Item
View Item