ANALISIS HUBUNGAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN ANALISIS KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA

Pardede, Puspa Olivia (2023) ANALISIS HUBUNGAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN ANALISIS KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193131025_Cover.pdf] Text
4193131025_Cover.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4193131025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193131025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 4193131025_Abstrak.pdf] Text
4193131025_Abstrak.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 4193131025_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193131025_Kata_Pengantar.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 4193131025_Daftar_Isi.pdf] Text
4193131025_Daftar_Isi.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 4193131025_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193131025_Daftar_Gambar.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 4193131025_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193131025_Daftar_Tabel.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 4193131025_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193131025_Daftar_Lampiran.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 4193131025_BAB_I.pdf] Text
4193131025_BAB_I.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 4193131025_BAB_V.pdf] Text
4193131025_BAB_V.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 4193131025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193131025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (194kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang linier dan signifikan antara kemampuan Matematika dan kemampuan analisis Kimia terhadap hasil belajar siswa pada materi Asam Basa. Sampel penelitian ini ialah kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Batang Kuis, diambil dengan teknik purposive sampling. Analisis hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana dan berganda. Hipotesis I diperoleh hasil sig.0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel yakni 5,519 > 2,040 dengan persamaan Y = 28,494 + 0,692X, dimana kontribusi kemampuan matematika pada hasil belajar siswa sebesar 74,5%. Hipotesis II diperoleh hasil sig.0,000<0,05 dan thitung > ttabel yakni 6,591 > 2,040 persamaan regresi yang diperoleh Y = 29,397 + 0,676X, artinya terdapat hubungan yang linier dan signifikan antara kemampuan analisis Kimia dengan hasil belajar siswa. Kemampuan analisis kimia siswa memberikan pengaruh sebesar 83% terhadap hasil belajar siswa. Hipotesis III dari penelitian ini diperoleh persamaan regresi linier berganda dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dengan persamaan Y = 23,257 + 0,314X1 + 0,450X2. Artinya, kemampuan matematika dan kemampuan analisis kimia memiliki hubungan yang linier dan signifikan dengan hasil belajar siswa pada materi Asam Basa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan matematika, kemampuan analisis kimia, hasil belajar, Asam Basa, regresi linier.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Feb 2025 07:37
Last Modified: 25 Feb 2025 07:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60152

Actions (login required)

View Item
View Item