Pardede, Puspa Olivia (2023) ANALISIS HUBUNGAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN ANALISIS KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193131025_Cover.pdf
Download (61kB)
4193131025_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (172kB)
4193131025_Abstrak.pdf
Download (57kB)
4193131025_Kata_Pengantar.pdf
Download (161kB)
4193131025_Daftar_Isi.pdf
Download (74kB)
4193131025_Daftar_Gambar.pdf
Download (55kB)
4193131025_Daftar_Tabel.pdf
Download (64kB)
4193131025_Daftar_Lampiran.pdf
Download (70kB)
4193131025_BAB_I.pdf
Download (189kB)
4193131025_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (264kB)
4193131025_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (270kB)
4193131025_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (376kB)
4193131025_BAB_V.pdf
Download (56kB)
4193131025_Daftar_Pustaka.pdf
Download (194kB)
4193131025_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang linier dan signifikan antara kemampuan Matematika dan kemampuan analisis Kimia terhadap hasil belajar siswa pada materi Asam Basa. Sampel penelitian ini ialah kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Batang Kuis, diambil dengan teknik purposive sampling. Analisis hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana dan berganda. Hipotesis I diperoleh hasil sig.0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel yakni 5,519 > 2,040 dengan persamaan Y = 28,494 + 0,692X, dimana kontribusi kemampuan matematika pada hasil belajar siswa sebesar 74,5%. Hipotesis II diperoleh hasil sig.0,000<0,05 dan thitung > ttabel yakni 6,591 > 2,040 persamaan regresi yang diperoleh Y = 29,397 + 0,676X, artinya terdapat hubungan yang linier dan signifikan antara kemampuan analisis Kimia dengan hasil belajar siswa. Kemampuan analisis kimia siswa memberikan pengaruh sebesar 83% terhadap hasil belajar siswa. Hipotesis III dari penelitian ini diperoleh persamaan regresi linier berganda dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dengan persamaan Y = 23,257 + 0,314X1 + 0,450X2. Artinya, kemampuan matematika dan kemampuan analisis kimia memiliki hubungan yang linier dan signifikan dengan hasil belajar siswa pada materi Asam Basa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kemampuan matematika; Kemampuan analisis kimia; Hasil belajar; Asam basa; Regresi linier |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 25 Feb 2025 07:37 |
| Last Modified: | 18 Jun 2025 05:38 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60152 |
