PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA TANJUNG MORAWA T.A 2020/2021

ARIANTI, PUTRI (2022) PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA TANJUNG MORAWA T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1163313031_Cover.pdf] Text
1163313031_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 1163313031_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1163313031_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (741kB)
[thumbnail of 1163313031_Abstrak.pdf] Text
1163313031_Abstrak.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 1163313031_Kata_Pengantar.pdf] Text
1163313031_Kata_Pengantar.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 1163313031_Daftar_Isi.pdf] Text
1163313031_Daftar_Isi.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 1163313031_Daftar_Gambar.pdf] Text
1163313031_Daftar_Gambar.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 1163313031_Daftar_Tabel.pdf] Text
1163313031_Daftar_Tabel.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 1163313031_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1163313031_Daftar_Lampiran.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 1163313031_BAB_I.pdf] Text
1163313031_BAB_I.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of 1163313031_BAB_V.pdf] Text
1163313031_BAB_V.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 1163313031_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1163313031_Daftar_Pustaka.pdf

Download (209kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan perkembangan
bahasa anak melalui metode bercerita dengan media buku cerita bergambar pada
anak usia 4 – 5 Tahun di TK Negeri Pembina Tanjung Morawa. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan 2 orang guru di kelas
Sentra Balok, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumen
analisis, data di analisis secara kualitatif dengan menggunakan cara reduksi data,
display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru dalam menggunakan
metode bercerita untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 4 – 5
Tahun sebagai berikut: 1) Guru mempersiapkan kegiatan bercerita sesuai dengan
tema dan tujuan, 2) Guru menyediakan media atau bahan untuk melakukan
kegiatan bercerita, 3) guru terlebih dahulu melakukan kegiatan bererita , 4) Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan kegiatan bererita 5) guru
melakukan evaluasi dan menetapkan penilaian pada anak setelah melakukan
kegiatan bercerita. Kelima langkah kegiatan ini telah diterapkan oleh guru di TK
Negeri Pembina Tanjung Morawa dan dapat menjadi alternatif untuk
mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini. Pendidik tidak harus
menekankan tingkat keberhasilan yang dilakukan anak, melainkan harus melihat
setiap kemampuan yang dimiliki anak, karena kemampuan anak berbeda - beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Mengembangkan Bahasa
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ767 Children. Child development
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:24
Last Modified: 21 Jul 2025 08:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60148

Actions (login required)

View Item
View Item