Hamdan, Riky (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113111032 COVER.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
2. NIM. 5113111032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5113111032 ABSRACT.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
4. NIM. 5113111032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
5. NIM. 5113111032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
6. NIM. 5113111032 TABLES.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7. NIM. 5113111032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
8. NIM. 5113111032 GRAFICS.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
9. NIM. 5113111032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
10. NIM. 5113111032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
14. NIM. 5113111032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
15. NIM. 5113111032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Belum optimalnya hasil belajar Gambar Konstruksi Bangunan siswa dikarenakan proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Student Team Achivement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar Gambar Konstruksi Bangunan pada kompetensi Menggambar Pondasi di Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Medan T.A. 2015/2016.
Data penelitian diambil dari tes hasil belajar siswa, tes tersebut telah dilakukan uji instrumen dengan uji validitas, reliabilitas, daya pembeda tes dan indeks kesukaran tes. Tes ini diberikan pada saat awal pembelajaran dan akhir pembelajaran. Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan rata-rata kumulatif hasil belajar siswa minimal 75 dan persentase kelulusan siswa 100%. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua (2) siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua (2) kali pertemuan. Pada siklus I mempelajari tentang definisi pondasi, jenis-jenis pondasi dan daya dukung pondasi. Pada siklus II mempelajari tentang menghitung dimensi pondasi dan menggambar detail pondasi. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observation) dan refleksi (reflecting). Pelaksanaan penelitian ini diawali dengan guru membuka kelas dengan salam, mengabsensi. Kemudian guru menjelaskan materi pembelajaran, setelah itu siswa diskusi kelompok. Kemudian siswa diberikan tes individu, lalu guru memberikan penghargaan kelompok dan menutup pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan hasil nilai rata-rata 82.6 dengan persentase kelulusan yaitu 91,7% meningkat pada siklus II menjadi 86,5 dengan persentase kelulusan yaitu 100%. Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ini berpusat pada siswa (student centered) dimana model ini mengajak dan membawa siswa untuk lebih aktif, bersemangat dalam menggali kemampuan individu, menumbuhkan rasa kepercayaan diri dengan kemampuan yang dimiliki, bertanya, berdiskusi, menganalisis dan mampu menyelesaikan tugas tepat waktu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan Kompetensi Dasar Menggambar Pondasi Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Medan T.A. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 014 |
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif; Student Team Achivement Division (STAD); Hasil Belajar; Gambar Konstruksi Bangunan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 05:15 |
Last Modified: | 27 Jun 2016 05:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6014 |