PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI ASAM BASA

Batubara, Nur’aini (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131041_Cover.pdf] Text
4203131041_Cover.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 4203131041_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131041_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of 4203131041_Abstrak.pdf] Text
4203131041_Abstrak.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 4203131041_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131041_Kata_Pengantar.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 4203131041_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131041_Daftar_Isi.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 4203131041_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203131041_Daftar_Gambar.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 4203131041_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203131041_Daftar_Tabel.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 4203131041_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203131041_Daftar_Lampiran.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4203131041_BAB_I.pdf] Text
4203131041_BAB_I.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 4203131041_BAB_V.pdf] Text
4203131041_BAB_V.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 4203131041_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131041_Daftar_Pustaka.pdf

Download (190kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk mengembangkan bahan ajar dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dilatar belakangi oleh adanya ketuntasan belajar kimia yang masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan persen ketuntasan kimia yang masih 48,5% dimana dikatakan tuntas belajar secara klasikal jika presentasi yang dicapai sekurang-kurangnya 65%. Model pengembangan yang digunakan oleh peneliti adalah Model 4D. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat validitas dan respon peserta didik dan guru terhadap LKPD berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi asam basa yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan yaitu tahap pendefinisian (define) yang terdiri dari tahap analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep dan spesifikasi tujuan. Tahap perancangan (desain) yang terdiri dari pemilihan format, pemilihan media dan rancangan awal. Tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Hasil dari penelitian ini didapatkan hasil uji validitas oleh ahli media sebesar 84,23%, oleh ahli materi sebesar 62,35% dengan kategori layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran setelah dilakukan perbaikan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dikatakan bahwasanya LKPD yang dikembangkan telah memenuhi komponen-komponen yang terdapat dalam model pembelajaran berbasis proyek. Sedangkan hasil respon guru sebesar 90% dan hasil dari respon peserta didik sebesar 87% dengan kategori layak. Sehingga produk LKPD berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi asam basa dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penelitian Pengembangan, Bahan Ajar, LKPD dan Project Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Feb 2025 06:50
Last Modified: 25 Feb 2025 06:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60137

Actions (login required)

View Item
View Item