Raihan, Nina kartika (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK(LKPD) BERBASIS LITERASI SAINS DENGAN KONTEKS FLARE PADA MATERI REAKSI REDOKS DI SMAN 1 TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4202131002_Cover.PDF
Download (73kB)
4202131002_Lembar_Pengesahan.PDF
Download (176kB)
4202131002_Abstrak.PDF
Download (223kB)
4202131002_Kata_Pengantar.PDF
Download (329kB)
4202131002_Daftar_Isi.PDF
Download (184kB)
4202131002_Daftar_Gambar.PDF
Download (52kB)
4202131002_Daftar_Tabel.PDF
Download (59kB)
4202131002_Daftar_Lampiran.PDF
Download (144kB)
4202131002_BAB_I.PDF
Download (631kB)
4202131002_BAB_II.PDF
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4202131002_BAB_III.PDF
Restricted to Repository staff only
Download (696kB)
4202131002_BAB_IV.PDF
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4202131002_BAB_V.PDF
Download (130kB)
4202131002_Daftar_Pustaka.PDF
Download (515kB)
4202131002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, respon guru dan respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik berbasis literasi sains dengan konteks flare pada materi reaksi redoks. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri alas 4 tahap yaitu, I) Pendefinisian (Define), 2) Perancangan (Design), 3) Pengembangan (Develop), 4) Penyebaran (Disseminate). Yang dibatasi sampai pada tahap Pengembangan (develop). Adapun subjek pada penelitian ini yaitu 2 orang validator ahli materi, 2 orang validator ahli media, 2 orang guru kimia, dan siswa kelas X Merdeka 10 yang berjumlah 33 orang peserta didik. Instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara, lembar validasi LKPD oleh validator, lembar angket guru, dan lembar angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata penilaian oleh ahli materi sebesar 87.6% dengan kategori sangat layak, penilaian oleh ahli media sebesar 93.9% dengan kategori sangat layak, rata-rata respon guru sebesar 96.8% dengan kategori sangat layak, dan hasil respon peserta didik didapatkan 64% peserta didik termasuk kriteria sangat layak sebanyak 21 peserta didik dan 36% peserta didik termasuk kriteria layak yakni sebanyak 12 peserta didik. Dengan demikian hasil analisis lembar angket respon peserta didik memilik:i rata-rata persentase kelayakan LKPD yang didapatkan yaitu sebesar 8 1.4% dengan kategori "Sangat Layak". Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis literasi sains dengan konteks flare pada materi reaksi redoks yang telah dikembangkan dapat menambah pengetahuan, menarik dan layak untuk digunakan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Literasi sains; Flare; Reaksi redoks; Lembar kerja peserta didik; |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 25 Feb 2025 06:30 |
| Last Modified: | 18 Jun 2025 04:42 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60133 |
