AKTIVITAS PEMBELAJARAN GURSSU DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PEMBINA NEGERI 2 MEDAN TA 2022/2023

WARUWU, KRISTIANI (2024) AKTIVITAS PEMBELAJARAN GURSSU DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PEMBINA NEGERI 2 MEDAN TA 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1172113011_Cover.pdf] Text
1172113011_Cover.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 1172113011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1172113011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of 1172113011_Abstrak.pdf] Text
1172113011_Abstrak.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 1172113011_Kata_Pengantar.pdf] Text
1172113011_Kata_Pengantar.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of 1172113011_Daftar_Isi.pdf] Text
1172113011_Daftar_Isi.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 1172113011_Daftar_Tabel.pdf] Text
1172113011_Daftar_Tabel.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1172113011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1172113011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1172113011_BAB_I.pdf] Text
1172113011_BAB_I.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of 1172113011_BAB_V.pdf] Text
1172113011_BAB_V.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 1172113011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1172113011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (140kB)

Abstract

Berdasarkan observasi di TK A Pembina Negeri 2 Medan keterampilan motorik
halus anak usia dini masih belum berkembang dengan baik. Penelitian ini
bertujuan mendeskripsikan kegiatan guru saat melakukan aktivitas pembelajaran
terhadap anak usia dini di TK Pembina Negeri 2 Medan baik aktivitas didalam
kelas maupun diluar kelas. Jenis pendekatan yang dilakukan menggunakan
pendekatan kualitatif . Subjek pada penelitian ini adalah guru yang mengajar di
kelas A anak usia 4-5 tahun di TK Pembina Negeri 2 Medan. Data dikumpulkan
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam pengembangan motorik halus anak
didalam kelas adalah mengajak anak bertepuk tangan sambil bernyanyi, mengajak
anak melambaikan tangan kekiri dan kekanan sambil menjawab pertanyaan dari
guru, kemudian guru mengajak anak melakukan kegiatan menggambar,
mewarnai, menggunting dan menempel. Sedangkan aktivitas guru diluar kelas
dalam pengembangan motorik halus anak adalah mengajak anak melakukan
kegiatan melempar dan menangkap balon baik secara individual maupun
berkelompok. Kegiatan ini dilakukan untuk melatih otot jari jemari anak saat
memegang balon dengan benar tanpa membuat balon tersebut pecah. Hal ini
menunjukkan bahwa aspek perkembangan motorik halus anak dikembangkan
guru melalui aktivitas pembelajaran guru didalam kelas maupun diluar kelas.
Aktivitas guru di tk pembina negeri 2 medan, jika dilihat dari berbagai aspek dan
indikator guru sebagai subjek penelitian sudah dapat dikatakan guru memenuhi
kriteria dalam membantu peserta didik mencapai target perkembangan motorik
halusnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Motorik Halus Anak, Aktivitas Pembelajaran Guru
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ767 Children. Child development
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:26
Last Modified: 21 Jul 2025 08:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60120

Actions (login required)

View Item
View Item