PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA

Simorangkir, Ledy Paulina (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131053_Cover.pdf] Text
4203131053_Cover.pdf

Download (20kB)
[thumbnail of 4203131053_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131053_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of 4203131053_Abstrak.pdf] Text
4203131053_Abstrak.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 4203131053_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131053_Kata_Pengantar.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 4203131053_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131053_Daftar_Isi.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 4203131053_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203131053_Daftar_Gambar.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 4203131053_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203131053_Daftar_Tabel.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 4203131053_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203131053_Daftar_Lampiran.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 4203131053_BAB_I.pdf] Text
4203131053_BAB_I.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 4203131053_BAB_V.pdf] Text
4203131053_BAB_V.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 4203131053_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131053_Daftar_Pustaka.pdf

Download (96kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran, kemampuan matematika serta interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan matematika terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan kesetimbangan kimia. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan sebanyak 10 kelas. Sampel diambil dua tahap yaitu: pertama-tama sampel kelas diambil sebanyak 2 kelas secara random. Tahap kedua, setiap kelas dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kemampuan matematika tinggi yang terdiri dari 10 orang siswa dan kelompok kemampuan matematika rendah juga 10 orang sehingga total sampel siswa yang digunakan sebanyak 40 orang. Penelitian ini menggunakan rancangan faktorial acak lengkap 2 x 2. Ada dua faktor yang dicobakan yaitu faktor A : Model Pembelajaran yang terdiri dari 2 taraf yaitu A1 = Problem Based Learning dan A2 = Discovery Learning , faktor B : Kemampuan matematika siswa yang terdiri dari 2 taraf yaitu B1= kemampuan matematika tinggi dan B2 = kemampuan matematika rendah. Kombinasi perlakuan di setiap kelas diberikan selama waktu tertentu sesuai dengan ATP dan modul ajar yang digunakan. Pada akhir proses pembelajaran dilakukan post-test untuk mengukur capaian hasil belajar siswa disetiap kombinasi perlakuan.
Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh bahwa Fhit (A)= 26,61 dan Fhit (B)= 10,53 sedangkan Ftabel = 4,11 . Dengan demikian Fhit (A) > Ftabel yang berarti ada pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan kesetimbangan kimia. Demikian juga Fhit (B) > Ftabel artinya ada pengaruh kemampuan matematika terhadap hasil belajar siswa. Selanjutnya telah diperoleh Fhit (AB) > Ftabel atau 7,15 > 4,11, artinya ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan matematika terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan kesetimbangan kimia. Dari uji hipotesis diperoleh hasil penelitian bahwa siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning memberikan rataan hasil belajar yang lebih rendah bagi kelompok siswa yang mempunyai kemampuan matematika tinggi (75,5 ± 5,99) dan memberikan rataan hasil belajar yang tinggi bagi siswa yang mempunyai kemampuan matematika rendah (62 ± 4,83). Siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning memberikan rataan hasil belajar yang lebih tinggi bagi siswa yang mempunyai kemampuan matematika tinggi (80 ± 6,24) dan memberikan rataan hasil belajar yang rendah bagi siswa yang mempunyai kemampuan matematika rendah (61 ± 6,15). Pada uji pengaruh sederhana siswa yang mempunyai kemampuan matematika tinggi sebaiknya dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning sedangkan siswa yang mempunyai kemampuan matematika rendah sebaiknya dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Discovery Learning, Kemampuan Matematika, Hasil Belajar, Kesetimbangan Kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Feb 2025 03:45
Last Modified: 25 Feb 2025 03:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60111

Actions (login required)

View Item
View Item