Simorangkir, Ledy Paulina (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203131053_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131053_Cover.pdf
Download (20kB)
![[thumbnail of 4203131053_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131053_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (398kB)
![[thumbnail of 4203131053_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131053_Abstrak.pdf
Download (154kB)
![[thumbnail of 4203131053_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131053_Kata_Pengantar.pdf
Download (206kB)
![[thumbnail of 4203131053_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131053_Daftar_Isi.pdf
Download (40kB)
![[thumbnail of 4203131053_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131053_Daftar_Gambar.pdf
Download (79kB)
![[thumbnail of 4203131053_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131053_Daftar_Tabel.pdf
Download (80kB)
![[thumbnail of 4203131053_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131053_Daftar_Lampiran.pdf
Download (92kB)
![[thumbnail of 4203131053_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131053_BAB_I.pdf
Download (105kB)
![[thumbnail of 4203131053_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131053_BAB_V.pdf
Download (87kB)
![[thumbnail of 4203131053_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131053_Daftar_Pustaka.pdf
Download (96kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran, kemampuan matematika serta interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan matematika terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan kesetimbangan kimia. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan sebanyak 10 kelas. Sampel diambil dua tahap yaitu: pertama-tama sampel kelas diambil sebanyak 2 kelas secara random. Tahap kedua, setiap kelas dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kemampuan matematika tinggi yang terdiri dari 10 orang siswa dan kelompok kemampuan matematika rendah juga 10 orang sehingga total sampel siswa yang digunakan sebanyak 40 orang. Penelitian ini menggunakan rancangan faktorial acak lengkap 2 x 2. Ada dua faktor yang dicobakan yaitu faktor A : Model Pembelajaran yang terdiri dari 2 taraf yaitu A1 = Problem Based Learning dan A2 = Discovery Learning , faktor B : Kemampuan matematika siswa yang terdiri dari 2 taraf yaitu B1= kemampuan matematika tinggi dan B2 = kemampuan matematika rendah. Kombinasi perlakuan di setiap kelas diberikan selama waktu tertentu sesuai dengan ATP dan modul ajar yang digunakan. Pada akhir proses pembelajaran dilakukan post-test untuk mengukur capaian hasil belajar siswa disetiap kombinasi perlakuan.
Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh bahwa Fhit (A)= 26,61 dan Fhit (B)= 10,53 sedangkan Ftabel = 4,11 . Dengan demikian Fhit (A) > Ftabel yang berarti ada pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan kesetimbangan kimia. Demikian juga Fhit (B) > Ftabel artinya ada pengaruh kemampuan matematika terhadap hasil belajar siswa. Selanjutnya telah diperoleh Fhit (AB) > Ftabel atau 7,15 > 4,11, artinya ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan matematika terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan kesetimbangan kimia. Dari uji hipotesis diperoleh hasil penelitian bahwa siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning memberikan rataan hasil belajar yang lebih rendah bagi kelompok siswa yang mempunyai kemampuan matematika tinggi (75,5 ± 5,99) dan memberikan rataan hasil belajar yang tinggi bagi siswa yang mempunyai kemampuan matematika rendah (62 ± 4,83). Siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning memberikan rataan hasil belajar yang lebih tinggi bagi siswa yang mempunyai kemampuan matematika tinggi (80 ± 6,24) dan memberikan rataan hasil belajar yang rendah bagi siswa yang mempunyai kemampuan matematika rendah (61 ± 6,15). Pada uji pengaruh sederhana siswa yang mempunyai kemampuan matematika tinggi sebaiknya dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning sedangkan siswa yang mempunyai kemampuan matematika rendah sebaiknya dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Discovery Learning, Kemampuan Matematika, Hasil Belajar, Kesetimbangan Kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 03:45 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60111 |