LESTARI, HANIA (2024) ANALISIS PEMANFAATAN TIK (TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI) PADA KEGIATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN YANG DILAKUKAN OLEH GURU DI PAUD DWIKORA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1173113008_Cover.pdf
Download (43kB)
1173113008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (305kB)
1173113008_Abstrak.pdf
Download (61kB)
1173113008_Kata_Pengantar.pdf
Download (296kB)
1173113008_Daftar_Isi.pdf
Download (58kB)
1173113008_Daftar_Tabel.pdf
Download (32kB)
1173113008_Daftar_Gambar.pdf
Download (31kB)
1173113008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (31kB)
1173113008_BAB_I.pdf
Download (265kB)
1173113008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (626kB)
1173113008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (333kB)
1173113008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (470kB)
1173113008_BAB_V.pdf
Download (128kB)
1173113008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (163kB)
1173113008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi
dan Komunikasi) khususnya dari segi penggunaan hardware dan software dalam
kegiatan pelaksanan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di PAUD Dwikora
tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek
yang digunakan dalam penelitian ini ialah 3 orang guru kelas di PAUD Dwikora.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data collection
(pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data),
dan conclusion (penarikan kesimpulan). Temuan hasil penelitian yang diperoleh
melalui observasi dan wawancara sebanyak 25 butir pertanyaan memperoleh hasil
bahwa ketiga responden yang diteliti yaitu responden A, responden B, dan
responden C menunjukkan hasil bentuk pemanfaatan TIK yang berbeda-beda, dan
dua diantaranya memiliki pemahaman yang baik tentang pemanfaatan TIK dan
dapat menggunnakannya dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran. Selain itu,
Semua guru memanfaatkan handphone untuk mencari referensi bahan ajar dan
mempublikasikan hasil belajar anak, menunjukkan bahwa perangkat mobile
memainkan peran penting dalam pembelajaran di PAUD Dwikora.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pemanfaatan TIK, Guru, Pembelajaran. |
| Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ767 Children. Child development L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:27 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 03:10 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60104 |
