Rahmawati, Fitriani (2024) PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA ANAK KELOMPOK B TK ABA 06 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203113047_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203113047_Cover.pdf
Download (69kB)
![[thumbnail of 1203113047_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203113047_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (736kB)
![[thumbnail of 1203113047_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203113047_Abstrak.pdf
Download (104kB)
![[thumbnail of 1203113047_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203113047_Kata_Pengantar.pdf
Download (261kB)
![[thumbnail of 1203113047_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203113047_Daftar_Isi.pdf
Download (118kB)
![[thumbnail of 1203113047_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203113047_Daftar_Gambar.pdf
Download (75kB)
![[thumbnail of 1203113047_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203113047_Daftar_Tabel.pdf
Download (76kB)
![[thumbnail of 1203113047_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203113047_Daftar_Lampiran.pdf
Download (56kB)
![[thumbnail of 1203113047_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203113047_BAB_I.pdf
Download (360kB)
![[thumbnail of 1203113047_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203113047_BAB_V.pdf
Download (115kB)
![[thumbnail of 1203113047_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203113047_Daftar_Pustaka.pdf
Download (241kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis anak usia dini melalui penerapan model project based learning. Berdasarkan hasil PISA tahun 2022 ditemukan hasil bahwa kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia masih rendah. Indonesia berada pada peringkat ke 68 dari 81 peserta. Hal ini juga sejalan dengan hasil temuan di lapangan bahwa kemampuan berpikir kritis anak pada beberapa indikator masih belum optimal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pre-test post-test pada 12 menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada keterampilan berpikir kritis anak setelah penerapan model project based learning. Nilai Z sebesar -3.078 (p < 0.05) mendukung hipotesis penelitian. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa model project based learning efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran, Project Based Learning, Berpikir Kritis |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ767 Children. Child development L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:27 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60100 |