IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERINTEGRASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI ASAM BASA

ANISA, INDRI (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERINTEGRASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131011_Cover.pdf] Text
4203131011_Cover.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 4203131011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (657kB)
[thumbnail of 4203131011_Abstrak.pdf] Text
4203131011_Abstrak.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 4203131011_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131011_Kata_Pengantar.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of 4203131011_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131011_Daftar_Isi.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 4203131011_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203131011_Daftar_Gambar.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 4203131011_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203131011_Daftar_Tabel.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 4203131011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203131011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 4203131011_BAB_I.pdf] Text
4203131011_BAB_I.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of 4203131011_BAB_V.pdf] Text
4203131011_BAB_V.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 4203131011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (440kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Evaluasi Pengetahuan Awal dan Lembar Kerja Peserta Didik terhadap Evaluasi Hasil Belajar dan mengetahui perbedaan hasil belajar antara pengetahuan awal yang tinggi dan pengetahuan awal yang rendah dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terintegrasi Keterapilan Generik Sains pada materi Asam Basa. Penelitian ini menggunakan desain paradigma ganda dengan dua variabel independet dan satu variabel dependent. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pantai Cermin yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 1 kelas yaitu kelas XI MIPA 2 yang diajarkan dengan model Inkuiri Terbimbing terintegrasi Keterampilan Generik Sains dengan perangkat pembelajaran yang terdiri dari evaluasi pengetahuan awal, bahan ajar, lembar kerja peserta didik, dan evaluasi hasil belajar. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes evaluasi pengetahuan awal, instrumentes evaluasi hasil belajar dan Lembar Kerja Peserta didik serta non tes lembar observasi siswa. Data dianalisis dengan uji regresi linear ganda dan uji Independent Sample T-Test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan nilai antara Pengetahuan Awal untuk Lembar Kerja Peserta Didik terhadap hasil belajar dan terdapat perbedaan yang signifikan nilai hasil belajar antara siswa yang kemampuan awalnya tergolong tinggi dengan siswa yang kemampuan awalnya tergolong rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Inkuiri Terbimbing, Pengetahuan Awal, Hasil Belajar, Keterampilan Generik Sains, Asam Basa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Feb 2025 03:04
Last Modified: 25 Feb 2025 03:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60094

Actions (login required)

View Item
View Item