PANE, AMELIA WARDANI BR (2024) PROFIL LITERASI SAINS GURU PADA KEGIATAN SAINS TEMA ALAM SEMESTA DI TK NAZIFA ISLAMIC SCHOOL T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203113001_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203113001_Cover.pdf
Download (219kB)
![[thumbnail of 1203113001_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203113001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (403kB)
![[thumbnail of 1203113001_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203113001_Abstrak.pdf
Download (307kB)
![[thumbnail of 1203113001_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203113001_Kata_Pengantar.pdf
Download (332kB)
![[thumbnail of 1203113001_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203113001_Daftar_Isi.pdf
Download (283kB)
![[thumbnail of 1203113001_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203113001_Daftar_Gambar.pdf
Download (216kB)
![[thumbnail of 1203113001_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203113001_Daftar_Tabel.pdf
Download (217kB)
![[thumbnail of 1203113001_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203113001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (219kB)
![[thumbnail of 1203113001_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203113001_BAB_I.pdf
Download (535kB)
![[thumbnail of 1203113001_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203113001_BAB_V.pdf
Download (298kB)
![[thumbnail of 1203113001_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203113001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (318kB)
Abstract
Literasi sains merupakan salah satu keterampilan yang diperlukan dalam
kehidupan abad 21. Oleh karena itu, sangat penting bagi guru untuk mempunyai
kemampuan literasi sains. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan kemampuan proses sains, pemahaman konten sains dan
pemahaman konteks sains guru-guru di TK Nazifa Islamic School pada kegiatan
sains membuat salju, membuat pelangi dan membuat hydro pump. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Subjek pada
penelitian ini adalah guru-guru di TK Nazifa yang berjumlah sebanyak 7 orang
dengan objek yang diteliti yaitu literasi sains guru-guru di TK Nazifa pada aspek
proses, konten, dan konteks sains. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
berupa angket, lembar pengamatan, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini
adalah kemampuan proses sains guru-guru di TK Nazifa berada pada kategori
sangat baik, dengan rata-rata persentase sebesar 88%, dengan sub aspek proses
sains tertinggi adalah mengamati. Dalam pemahaman konten sains, guru-guru di
TK Nazifa berada pada kategori baik dengan rata-rata persentase sebesar 90%,
dengan persentase tertinggi mengenai pemahaman konten sains terdapat pada
kegiatan sains membuat pelangi dan hydro pump. Dalam pemahaman konteks
sains guru-guru di TK Nazifa berada pada kategori baik dengan rata-rata
persentase sebesar 83%, dengan persentase tertinggi mengenai pemahaman
konteks sains terdapat pada kegiatan sains membuat salju dan membuat pelangi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Literasi Sains, Literasi Sains Guru, Aspek-Aspek Literasi Sains |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ767 Children. Child development L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:29 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60075 |