PROFIL LITERASI SAINS GURU PADA KEGIATAN SAINS TEMA ALAM SEMESTA DI TK NAZIFA ISLAMIC SCHOOL T.A 2023/2024

PANE, AMELIA WARDANI BR (2024) PROFIL LITERASI SAINS GURU PADA KEGIATAN SAINS TEMA ALAM SEMESTA DI TK NAZIFA ISLAMIC SCHOOL T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203113001_Cover.pdf] Text
1203113001_Cover.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 1203113001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203113001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (403kB)
[thumbnail of 1203113001_Abstrak.pdf] Text
1203113001_Abstrak.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 1203113001_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203113001_Kata_Pengantar.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of 1203113001_Daftar_Isi.pdf] Text
1203113001_Daftar_Isi.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of 1203113001_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203113001_Daftar_Gambar.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 1203113001_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203113001_Daftar_Tabel.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 1203113001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203113001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 1203113001_BAB_I.pdf] Text
1203113001_BAB_I.pdf

Download (535kB)
[thumbnail of 1203113001_BAB_V.pdf] Text
1203113001_BAB_V.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 1203113001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203113001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (318kB)

Abstract

Literasi sains merupakan salah satu keterampilan yang diperlukan dalam
kehidupan abad 21. Oleh karena itu, sangat penting bagi guru untuk mempunyai
kemampuan literasi sains. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan kemampuan proses sains, pemahaman konten sains dan
pemahaman konteks sains guru-guru di TK Nazifa Islamic School pada kegiatan
sains membuat salju, membuat pelangi dan membuat hydro pump. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Subjek pada
penelitian ini adalah guru-guru di TK Nazifa yang berjumlah sebanyak 7 orang
dengan objek yang diteliti yaitu literasi sains guru-guru di TK Nazifa pada aspek
proses, konten, dan konteks sains. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
berupa angket, lembar pengamatan, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini
adalah kemampuan proses sains guru-guru di TK Nazifa berada pada kategori
sangat baik, dengan rata-rata persentase sebesar 88%, dengan sub aspek proses
sains tertinggi adalah mengamati. Dalam pemahaman konten sains, guru-guru di
TK Nazifa berada pada kategori baik dengan rata-rata persentase sebesar 90%,
dengan persentase tertinggi mengenai pemahaman konten sains terdapat pada
kegiatan sains membuat pelangi dan hydro pump. Dalam pemahaman konteks
sains guru-guru di TK Nazifa berada pada kategori baik dengan rata-rata
persentase sebesar 83%, dengan persentase tertinggi mengenai pemahaman
konteks sains terdapat pada kegiatan sains membuat salju dan membuat pelangi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Literasi Sains, Literasi Sains Guru, Aspek-Aspek Literasi Sains
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ767 Children. Child development
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:29
Last Modified: 21 Jul 2025 08:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60075

Actions (login required)

View Item
View Item