Yolanda, Firsil Liya (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203331011_Cover.pdf
Download (27kB)
4203331011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (386kB)
4203331011_Abstrak.pdf
Download (124kB)
4203331011_Kata_Pengantar.pdf
Download (249kB)
4203331011_Daftar_Isi.pdf
Download (168kB)
4203331011_Daftar_Gambar.pdf
Download (7kB)
4203331011_Daftar_Tabel.pdf
Download (12kB)
4203331011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (129kB)
4203331011_BAB_I.pdf
Download (354kB)
4203331011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (533kB)
4203331011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (432kB)
4203331011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (417kB)
4203331011_BAB_V.pdf
Download (224kB)
4203331011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (248kB)
4203331011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan adanya pengaruh aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Sekolah Menengah Atas di kota Medan sebanyak dua kelas yakni kelas XI4 sebagai kelas eksperimen dan XI1 sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah instrumen tes soal dalam bentuk objektif dan skor lembar observasi aktivitas belajar peserta didik. Hasil penelitian menujukkan bahwa adanya perbedaan antara kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model Discovery Learning berbantuan media Power Point dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan metode konvensional. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata – rata posttest hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Begitupun dengan aktivitas belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dari hasil uji hipotesis aktivitas dengan menggunakan uji – t diperoleh hasil bahwa thitung>ttabel = 11,764 > 2,04 dan uji hipotesis posttest dengan menggunakan uji – t diperoleh bahwa thitung>ttabel = 5,45 > 2,04. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Power Point terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan koloid.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil belajar; Discovery learning; Power point; Koloid; Media pembelajaran; Model pembelajaran |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 25 Feb 2025 02:14 |
| Last Modified: | 16 Jun 2025 04:02 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60074 |
