PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KOLOID

Yolanda, Firsil Liya (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203331011_Cover.pdf] Text
4203331011_Cover.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of 4203331011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203331011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of 4203331011_Abstrak.pdf] Text
4203331011_Abstrak.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 4203331011_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203331011_Kata_Pengantar.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 4203331011_Daftar_Isi.pdf] Text
4203331011_Daftar_Isi.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 4203331011_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203331011_Daftar_Gambar.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of 4203331011_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203331011_Daftar_Tabel.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of 4203331011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203331011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 4203331011_BAB_I.pdf] Text
4203331011_BAB_I.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 4203331011_BAB_V.pdf] Text
4203331011_BAB_V.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 4203331011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203331011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (248kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan adanya pengaruh aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Sekolah Menengah Atas di kota Medan sebanyak dua kelas yakni kelas XI4 sebagai kelas eksperimen dan XI1 sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah instrumen tes soal dalam bentuk objektif dan skor lembar observasi aktivitas belajar peserta didik. Hasil penelitian menujukkan bahwa adanya perbedaan antara kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model Discovery Learning berbantuan media Power Point dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan metode konvensional. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata – rata posttest hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Begitupun dengan aktivitas belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dari hasil uji hipotesis aktivitas dengan menggunakan uji – t diperoleh hasil bahwa thitung>ttabel = 11,764 > 2,04 dan uji hipotesis posttest dengan menggunakan uji – t diperoleh bahwa thitung>ttabel = 5,45 > 2,04. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Power Point terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan koloid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar, Discovery Learning, Power Point
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Feb 2025 02:14
Last Modified: 25 Feb 2025 02:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60074

Actions (login required)

View Item
View Item