PELAKSANAAN ASESMEN DAN HAMBATANNYA DI TAMAN KANAK-KANAK KECAMATAN MEDAN AREA BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA

Siregar, Aisiyah Aminy (2024) PELAKSANAAN ASESMEN DAN HAMBATANNYA DI TAMAN KANAK-KANAK KECAMATAN MEDAN AREA BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203313006_Cover.pdf] Text
1203313006_Cover.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 1203313006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203313006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (716kB)
[thumbnail of 1203313006_Abstrak.pdf] Text
1203313006_Abstrak.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 1203313006_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203313006_Kata_Pengantar.pdf

Download (576kB)
[thumbnail of 1203313006_Daftar_Isi.pdf] Text
1203313006_Daftar_Isi.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 1203313006_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203313006_Daftar_Gambar.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1203313006_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203313006_Daftar_Tabel.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1203313006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203313006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1203313006_BAB_I.pdf] Text
1203313006_BAB_I.pdf

Download (507kB)
[thumbnail of 1203313006_BAB_V.pdf] Text
1203313006_BAB_V.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of 1203313006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203313006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (484kB)

Abstract

Kurangnya pengetahuan dan pemahaman guru mengenai pelaksanaan asesmen pada kurikulum merdeka menjadikan guru tetap menggunakan asesmen 2013 sedangkan sekolah sudah menerapkan kurikulum merdeka. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan pelaksanaan asesmen berdasarkan kurikulum merdeka yang sudah diterapkan oleh guru taman kanak-kanak di Kecamatan Medan Area dan mendeskripsikan hambatan guru dalam pelaksanaan asesmen berdasarkan kurikulum merdeka oleh guru taman kanak-kanak Kecamatan Medan Area. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif deskriptif dengan jenis non eksperimen dengan sampel sebanyak 9 guru. Hasil temuan penelitian adalah berdasarkan perhitungan kuesioner tahapan pelaksanaan asesmen berdasarkan kurikulum merdeka jumlah nilai rata-rata pada aspek yang paling tinggi ada pada aspek pelaporan asesmen yakni 3,4 dengan kategori baik. Kemudian pada urutan kedua tertinggi pada aspek menyiapkan alat, menetapkan kriteria, dan mengumpulkan data dengan rata-rata 3,3 pada kategori baik. Selanjutnya aspek menetapkan kegiatan dengan rata-rata 3,1 dengan kategori baik. Aspek dengan rata-rata terendah ada pada aspek menentukan nilai yakni 2,9 dengan kategori cukup baik. Hambatan Pelaksanaan Asesmen berdasarkan kurikulum merdeka yang paling banyak yaitu keterbatasan waktu dalam mengumpulkan data termasuk pada pemberian tugas anak yang belum selesai dalam satu hari sehingga guru belum dapat mengumpulkan tugas anak dan harus menunggu sampai semua tugas sudah selesai untuk dapat dinilai. Kemudian hambatan yang paling sedikit adalah aspek menetapkan kriteria dimana guru sudah menerapkan kriteria awal perkembangan, baik dan cakap, tetapi guru ternyata masih kesulitan untuk menempatkan anak masuk pada kategori cakap dan kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Asesmen Berdasarkan Kurikulum Merdeka, Tahapan, Hambatan
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ767 Children. Child development
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:29
Last Modified: 21 Jul 2025 08:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60070

Actions (login required)

View Item
View Item