Sitorus, Debora Putri (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KIMIA BERBASIS HOTS. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203131033_Cover.pdf
Download (16kB)
4203131033_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (867kB)
4203131033_Abstrak.pdf
Download (186kB)
4203131033_Kata_Pengantar.pdf
Download (454kB)
4203131033_Daftar_Isi.pdf
Download (420kB)
4203131033_Daftar_Gambar.pdf
Download (302kB)
4203131033_Daftar_Tabel.pdf
Download (521kB)
4203131033_Daftar_Lampiran.pdf
Download (402kB)
4203131033_BAB_I.pdf
Download (440kB)
4203131033_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (535kB)
4203131033_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (610kB)
4203131033_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (324kB)
4203131033_BAB_V.pdf
Download (201kB)
4203131033_Daftar_Pustaka.pdf
Download (338kB)
4203131033_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kemampuan literasi sains pada siswa berdasarkan PISA 2021 tergolong rendah, selain itu siswa belum terbiasa dalam menyelesaikan soal-soal literasi sains kimia berbasis HOTS terkhusus pada aspek konten, konteks dan kompetensi sains. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis distribusi kemampuan literasi sains siswa pada aspek konten, konteks dan kompetensi. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda beralasan dan essai sebanyak 18 soal yang sudah divalidasi ahli materi dan siswa. Intrumen terdiri dari aspek konten, konteks dan kompetensi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan yang beralamat di Jalan Pendidikan, Kelurahan Bandar Klippa, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang pada bulan Maret hingga Mei tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan sampel seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2023/2024. Hasil analisis data menunjukkan bahwa distribusi kemampuan literasi sains siswa pada aspek konten sebesar 71,33% pada domain konten tergolong kategori sedang; domain prosedural sebesar 57,11% dan domain epistemik sebesar 56,99% tergolong kategori rendah. Distribusi pada aspek konteks domain kesehatan sebesar 66,08% tergolong kategori sedang; domain sumber daya alam sebesar 48,25% dan domain lingkungan sebesar 42,66% tergolong kategori sangat rendah. Dan distribusi pada aspek kompetensi domain menjelaskan fenomena ilmiah sebesar 55,13% tergolong kategori rendah; domain mengevaluasi dan mendesain penyelidikan sebesar 44,64% dan domain interpretasikan data dan bukti secara ilmiah sebesar 46,68% tergolong kategori sangat rendah.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Literasi Sains, HOTS, Konten, Konteks, Kompetensi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 24 Feb 2025 04:29 |
| Last Modified: | 12 Jun 2025 08:05 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60035 |
