ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KIMIA BERBASIS HOTS

SITORUS, DEBORA PUTRI (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KIMIA BERBASIS HOTS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131033_Cover.pdf] Text
4203131033_Cover.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of 4203131033_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131033_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (867kB)
[thumbnail of 4203131033_Abstrak.pdf] Text
4203131033_Abstrak.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 4203131033_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131033_Kata_Pengantar.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of 4203131033_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131033_Daftar_Isi.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of 4203131033_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203131033_Daftar_Gambar.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 4203131033_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203131033_Daftar_Tabel.pdf

Download (521kB)
[thumbnail of 4203131033_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203131033_Daftar_Lampiran.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of 4203131033_BAB_I.pdf] Text
4203131033_BAB_I.pdf

Download (440kB)
[thumbnail of 4203131033_BAB_V.pdf] Text
4203131033_BAB_V.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 4203131033_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131033_Daftar_Pustaka.pdf

Download (338kB)

Abstract

Kemampuan literasi sains pada siswa berdasarkan PISA 2021 tergolong rendah, selain itu siswa belum terbiasa dalam menyelesaikan soal-soal literasi sains kimia berbasis HOTS terkhusus pada aspek konten, konteks dan kompetensi sains. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis distribusi kemampuan literasi sains siswa pada aspek konten, konteks dan kompetensi. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda beralasan dan essai sebanyak 18 soal yang sudah divalidasi ahli materi dan siswa. Intrumen terdiri dari aspek konten, konteks dan kompetensi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan yang beralamat di Jalan Pendidikan, Kelurahan Bandar Klippa, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang pada bulan Maret hingga Mei tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan sampel seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2023/2024. Hasil analisis data menunjukkan bahwa distribusi kemampuan literasi sains siswa pada aspek konten sebesar 71,33% pada domain konten tergolong kategori sedang; domain prosedural sebesar 57,11% dan domain epistemik sebesar 56,99% tergolong kategori rendah. Distribusi pada aspek konteks domain kesehatan sebesar 66,08% tergolong kategori sedang; domain sumber daya alam sebesar 48,25% dan domain lingkungan sebesar 42,66% tergolong kategori sangat rendah. Dan distribusi pada aspek kompetensi domain menjelaskan fenomena ilmiah sebesar 55,13% tergolong kategori rendah; domain mengevaluasi dan mendesain penyelidikan sebesar 44,64% dan domain interpretasikan data dan bukti secara ilmiah sebesar 46,68% tergolong kategori sangat rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Literasi Sains, HOTS, Konten, Konteks, Kompetensi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Feb 2025 04:29
Last Modified: 24 Feb 2025 04:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60035

Actions (login required)

View Item
View Item