PENGEMBANGAN MEDIA SAC (SMART APPS CREATOR) TERINTEGRASI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI

Rambe, Azizah Arba (2024) PENGEMBANGAN MEDIA SAC (SMART APPS CREATOR) TERINTEGRASI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131018_Cover.pdf] Text
4203131018_Cover.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 4203131018_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131018_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 4203131018_Abstrak.pdf] Text
4203131018_Abstrak.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 4203131018_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131018_Kata_Pengantar.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of 4203131018_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131018_Daftar_Isi.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 4203131018_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203131018_Daftar_Gambar.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 4203131018_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203131018_Daftar_Tabel.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 4203131018_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203131018_Daftar_Lampiran.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 4203131018_BAB_I.pdf] Text
4203131018_BAB_I.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of 4203131018_BAB_V.pdf] Text
4203131018_BAB_V.pdf

Download (404kB)
[thumbnail of 4203131018_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131018_Daftar_Pustaka.pdf

Download (514kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis tingkat kelayakan dan respon peserta didik terhadap media SAC (Smart Apps Creator) terintegrasi project based learning pada materi laju reaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan pendekatan model pengembangan 4D (define, desain, development dan disseminate). Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara dan angket atau kuisioner yang disebarkan kepada guru dan peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMAS PAB 8 Saentis. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah dosen kimia sebagai validator media sebanyak 3 orang, guru sebanyak 1 orang dan peserta didik kelas XI 2 tahun ajaran 2023/2024 diambil secara purposive sampling sebanyak 30 orang. Berdasarkan validitas menunjukkan bahwa media pembelajaran SAC yang dikembangkan dinyatakan valid oleh validator dengan kriteria “Sangat Layak” dengan hasil skor rata-rata validasi 89,86%, hasil respon guru diperoleh sebanyak 83,98 % dengan kriteria “Sangat Praktis” kemudian berdasarkan hasil respon siswa, diperoleh bahwa media pembelajaran SAC yang dikembangkan secara keseluruhan mendapatkan hasil rata-rata presentase sebesar 83,81% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Oleh karena itu, media pembelajaran SAC terintegrasi model project based learning pada materi laju reaksi layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran, SAC (Smart Apps Creator), Project Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Feb 2025 03:40
Last Modified: 24 Feb 2025 03:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60019

Actions (login required)

View Item
View Item