Barus, Rizki Harun Dana (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 STABA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5113311021 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. 5113311021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (729kB) | Preview
3. 5113311021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
4. 5113311021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. 5113311021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. 5113311021 TABLE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. 5113311021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. 5113311021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
9. 5113311021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
13. 5113311021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
14. 5113311021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar konstruksi bangunan pada kompetensi dasar mengkategori macam-macam pekerjaan konstruksi baja pada siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Stabat. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa hasil belajar konstruksi bangunan dengan menggunakan model Think Pair Share pada kompetensi dasar mengkategori macam-macam pekerjaan konstruksi baja pada siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Stabat dengan subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 30 orang siswa.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dimana dalam setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil uji coba instrumen penelitian dari 30 butir soal pada siklus I terdapat 25 butir soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 5 butir soal mudah dan 20 butir soal sedang, uji daya pembeda tes didapat 11 butir soal cukup dan 14 soal baik, uji reliabilitas tes didapat 0,87 (Sangat tinggi). Pada siklus II dari 30 butir soal diperoleh 25 butir soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 6 butir soal mudah dan 19 soal sedang, uji daya pembeda tes didapat 13 butir soal cukup dan 12 butir soal baik, uji reliabilitas tes didapat 0,87 (sangat tinggi). Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan rata-rata kumulatif hasil belajar siswa memperoleh nilai minimal 70 dan tuntas secara klasikal jika seluruh kelas 75 % siswanya tuntas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I dapat dikategorikan tuntas sebanyak 22 orang dengan persentase 73,33 % dan tidak tuntas sebanyak 8 orang dengan persentase 26,67 %, kemudian meningkat pada siklus II menjadi kategori tuntas sebanyak 26 orang dengan persentase 86,67 % dan tidak tuntas sebanyak 4 orang dengan persentase 13,33 %. Hasil tersebut menunjukkan persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 13,34 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan kompetensi dasar mengkategori macam-macam pekerjaan konstruksi baja pada siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Stabat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 031 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share;Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 04:17 |
Last Modified: | 27 Jun 2016 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6001 |