Gea., Surya Darma Heryanto (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN KESELAMATAN KESEHATAN KERJA (K3) YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS X SMK N 2 GUNUNGSITOLI TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.5101121016 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM.5101121016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
3. NIM.5101121016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
4. NIM.5101121016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
5. NIM.5101121016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
6. NIM.5101121016 TABLES.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
7. NIM.5101121016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM.5101121016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
12. NIM.5101121016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
13. NIM.5101121016 BIBLIOGRAPHHY.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaanhasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaranrole playing dan model pembelajaran student teams achievement divisionspada mata pelajaran keselamatan kesehatan kerja kelas X teknik kendaraan ringan SMK Negeri 2 Gunungsitoli Tahun Ajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian teknik kendaraan ringan SMK Negeri 2 Gunungsitoli. Pemilihan didapat kelas X TKR1 yang terdiri atas 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol kelas XTKR 2 yang terdiri atas 25 siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan desain Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test objektif. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf signifikan (α) sebesar 0.05. Uji normalitas posttest keselamatan kesehatan kerja dengan model pembelajaran role playing diperoleh Lhitung (0.14) < Ltabel(0.161) pada kategori normal, uji normalitas posttest Keselamatan Kesehatan Kerja dengan model pembelajaran student teams achievemen divisions diperoleh Lhitung(0.15) < Ltabel(0.173)pada ketegori normal. Uji homogenitas posttest kelompok sampel siswa keselamatan kesehatan kerja dari kedua kelas Fhitung(1,29) < Ftabel(2.15) dimana seluruh varians adalah homogen. Sehingga dapat disimpulkan kelompok sampel siswa keselamatan kesehatan kerja dari kedua kelas memiliki kesamaan varians (Homogen). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pembelajaran keselamatan kesehatan kerja. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan cara uji t dua pihak dimana diperolehthitung = 2.20 sedangkan ttabel = 1.69, thitung > ttabel berarti Ha diterima dan Hoditolak. Jika terdapat perbedaan berarti terdapat pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran keselamatan kesehatan kerja. Oleh karena itu, perlu dilakukan sosialisasi penerapan model pembelajaran role playing pada guru SMK Negeri 2 Gunungsitoli guna mendukung hasil siswa belajar khususnya hasil belajar keselamatan kesehatan kerja (K3).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAN 049 |
Keywords: | Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing;Pemebelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD); Hasilbelajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 04:06 |
Last Modified: | 27 Jun 2016 04:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5999 |