PENGARUH PEMBELAJARAN TARI KREASI DAERAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU UNTUK MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SD SWASTA ARISA MEDAN

Wandira, Gina (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN TARI KREASI DAERAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU UNTUK MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SD SWASTA ARISA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 2183141012_Cover.pdf] Text
2183141012_Cover.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 2183141012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2183141012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2183141012_Abstrak.pdf] Text
2183141012_Abstrak.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of 2183141012_Kata_Pengantar.pdf] Text
2183141012_Kata_Pengantar.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 2183141012_Daftar_Isi.pdf] Text
2183141012_Daftar_Isi.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 2183141012_Daftar_Tabel.pdf] Text
2183141012_Daftar_Tabel.pdf

Download (6kB)
[thumbnail of 2183141012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2183141012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of 2183141012_BAB_I.pdf] Text
2183141012_BAB_I.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 2183141012_BAB_II.pdf] Text
2183141012_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB)
[thumbnail of 2183141012_BAB_III.pdf] Text
2183141012_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[thumbnail of 2183141012_BAB_IV.pdf] Text
2183141012_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2183141012_BAB_V.pdf] Text
2183141012_BAB_V.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 2183141012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2183141012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 2183141012_Lampiran.pdf] Text
2183141012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran seni budaya (seni tari kreasi daerah dengan model pembelajaran terpadu tipe connected) di kelas VI SD Swasta Arisa Medan, Kecamatan Medan Deli, Provinsi Sumatera Utara. Sampel pada penelitian ini adalah 20 orang siswa SD Swasta Arisa Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pengumpulan data yang menggunakan pendekatan kuantitatif, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode yang digunakan sesuai dengan kurikulum dan pengembangannya dalam silabus, kemudian dilaksanakan me lalui RPP dengan mata pelajaran seni budaya (tari kreasi daerah). Kurikulum yang dipakai di SD Swasta Arisa Medan yaitu kurikulum 2013 yang ditetapkan oleh sekolah. Pada penilaian aspek kreativitas dari observasi awal didapatkan hasil 62,53 dan pada penilaian akhir aspek Kreativitas didapatkan hasil 85,75. Penilaian aspek sikap yang dilakukan pada observasi awal adalah 62,65 dan pada penilaian akhir aspek sikap didapatkan 86,9. Dilihat dari kedua aspek penilaian tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada kreativitas dan sikap pada siswa/I di SD Swasta Arisa Medan. Untuk uji T didapat 30.771 > 1.685 maka menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran seni budaya (seni tari) di SD Swasta Arisa Medan pada observasi awal dan penilaian akhir mengalami peningkatan aspek Kreativitas yang terlihat pada pembuatan tari kreasi daerah, begitu juga pada penanaman nilai-nilai pendidikan karakter yang mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari penilaian aspek sikap siswa yang semakin membaik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Tari Kreasi Daerah, Pembelajaran Terpadu Tipe Connected, Pendidikan Karakter
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Feb 2025 04:38
Last Modified: 15 Jul 2025 03:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59984

Actions (login required)

View Item
View Item