PENGARUH PEMBELAJARAN TARI KREASI DAERAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU UNTUK MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SD SWASTA ARISA MEDAN

WANDIRA, GINA PENGARUH PEMBELAJARAN TARI KREASI DAERAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU UNTUK MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SD SWASTA ARISA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2183141012_Cover.pdf] Text
2183141012_Cover.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 2183141012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2183141012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2183141012_Abstrak.pdf] Text
2183141012_Abstrak.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of 2183141012_Kata_Pengantar.pdf] Text
2183141012_Kata_Pengantar.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 2183141012_Daftar_Isi.pdf] Text
2183141012_Daftar_Isi.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 2183141012_Daftar_Tabel.pdf] Text
2183141012_Daftar_Tabel.pdf

Download (6kB)
[thumbnail of 2183141012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2183141012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of 2183141012_BAB_I.pdf] Text
2183141012_BAB_I.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 2183141012_BAB_V.pdf] Text
2183141012_BAB_V.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 2183141012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2183141012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (117kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran seni
budaya (seni tari kreasi daerah dengan model pembelajaran terpadu tipe
connected) di kelas VI SD Swasta Arisa Medan, Kecamatan Medan Deli, Provinsi
Sumatera Utara. Sampel pada penelitian ini adalah 20 orang siswa SD Swasta
Arisa Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan
pengumpulan data yang menggunakan pendekatan kuantitatif, observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode
yang digunakan sesuai dengan kurikulum dan pengembangannya dalam silabus,
kemudian dilaksanakan me
lalui RPP dengan mata pelajaran seni budaya (tari kreasi daerah).
Kurikulum yang dipakai di SD Swasta Arisa Medan yaitu kurikulum 2013 yang
ditetapkan oleh sekolah. Pada penilaian aspek kreativitas dari observasi awal
didapatkan hasil 62,53 dan pada penilaian akhir aspek Kreativitas didapatkan hasil
85,75. Penilaian aspek sikap yang dilakukan pada observasi awal adalah 62,65
dan pada penilaian akhir aspek sikap didapatkan 86,9. Dilihat dari kedua aspek
penilaian tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada kreativitas dan
sikap pada siswa/I di SD Swasta Arisa Medan. Untuk uji T didapat 30.771 >
1.685 maka menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran seni budaya (seni tari) di SD Swasta Arisa Medan pada
observasi awal dan penilaian akhir mengalami peningkatan aspek Kreativitas yang
terlihat pada pembuatan tari kreasi daerah, begitu juga pada penanaman nilai-nilai
pendidikan karakter yang mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari
penilaian aspek sikap siswa yang semakin membaik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Tari Kreasi Daerah, Pembelajaran Terpadu Tipe Connected, Pendidikan Karakter
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Feb 2025 04:38
Last Modified: 21 Feb 2025 04:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59984

Actions (login required)

View Item
View Item