DESAIN MATERI AJAR TATAK MENAPU KOPI DALAM BENTUK MODUL BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

CIBRO, HERI DESAIN MATERI AJAR TATAK MENAPU KOPI DALAM BENTUK MODUL BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2202141004_Cover.pdf] Text
2202141004_Cover.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 2202141004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2202141004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2202141004_Abstrak.pdf] Text
2202141004_Abstrak.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 2202141004_Kata_Pengantar.pdf] Text
2202141004_Kata_Pengantar.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 2202141004_Daftar_Isi.pdf] Text
2202141004_Daftar_Isi.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 2202141004_Daftar_Gambar.pdf] Text
2202141004_Daftar_Gambar.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 2202141004_Daftar_Tabel.pdf] Text
2202141004_Daftar_Tabel.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 2202141004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2202141004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 2202141004_BAB_I.pdf] Text
2202141004_BAB_I.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 2202141004_BAB_V.pdf] Text
2202141004_BAB_V.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 2202141004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2202141004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (48kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain materi ajar seni tari Tatak Menapu
Kopi untuk siswa fase e kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA). Teori yang
digunakan untuk Langkah langkah merancang materi ajar menurut Djamarah
(2002), yakni: Analisis Kebutuhan, Merumuskan Tujuan Pembelajaran, Pemilihan
Materi Pembelajmran, Menyusun Media dan Sumber, Pemilihan Metode
Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran. Metode penelitian yang di gunakan adalah
metode penelitian pengembangan berjenis Research and Development (R&D).
Lokasi Penelitian ini dilaksanakann di dinas Pariwisata Pakpak Bharat, Kecupak 2.
Populasi dalam penelitian ini adalah Tatak Menapu Kopi, Seorang Seniman Pakpak
yang memahami Tatak Menapu Kopi dan penari sanggar tari SMA Negeri 1 salak.
Hasil uji validasi dari ketiga ahli menunjukkan bahwa Modul Tatak Menapu Kopi
layak digunakan dalam pembelajaran untuk siswa Fase E di Sekolah Menengah
Atas. Hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi sama-sama memperoleh nilai
rata-rata 4,7, yang menunjukkan bahwa modul ini memenuhi standar kualitas media
serta relevan dengan kebutuhan pembelajaran siswa. Validasi ahli bahasa
menghasilkan nilai 4,4, menandakan bahwa modul ini telah memenuhi standar
bahasa yang baik, jelas, dan mudah dipahami. Secara keseluruhan, ketiga validasi
ini mengindikasikan bahwa modul tersebut memenuhi kriteria yang diperlukan
untuk digunakan sebagai bahan ajar yang efektif dan sesuai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Desain Materi Ajar, Tatak Menapu Kopi, kearifan lokal, seni tari, modul, pendidikan, ADDIE
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Feb 2025 04:31
Last Modified: 21 Feb 2025 04:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59982

Actions (login required)

View Item
View Item