Sipayung, Oriza (2016) PEMANFAATAN VIDEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK DASAR KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5103111028 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 5103111028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
3. NIM. 5103111028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
4. NIM. 5103111028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
5. NIM. 5103111028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM. 5103111028 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 5103111028 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 5103111028 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 5103111028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
13. NIM. 5103111028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 5103111028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Sebelum penelitian ini dilakukan terlebih dahulu tes belajar menggambar teknik dasar di uji cobakan dilanjutkan dengan uji validitas dan reabilitas. Untuk perhitungan uji validitas butir digunakan rumus Biserial dan uji reabilitas digunakan K-R 20. Suatu butir tes dikatakan valid apabila rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5%. Dengan hasil tes digunakan 25 soal dengan nilai r11=0,81 maka reliabilitas soal adalah tinggi untuk siklus 1 dan 26 soal dengan nilai r11=0,83 maka reliabilitas soal adalah tinggi untuk siklus 2. Hasil penelitian dengan menerapkan Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran pada siklus I minat belajar siswa belum mengalami peningkatan, tetapi setelah dilakukan siklus II minat belajar siswa meningkat. Dimana minat belajar siswa pada siklus I dengan kategori Tidak Baik (TB) adalah sebanyak 12 orang siswa, kategori Kurang Baik (KB) adalah sebanyak 7 orang siswa, kategori Cukup Baik (CB) adalah sebanyak 9 orang siswa, kategori Baik (B) adalah sebanyak 6 orang siswa, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu untuk kategori Tidak Baik (TB), Kurang Baik (KB) tidak ada, kategori Cukup Baik (CB) dari 9 orang siswa menjadi 7 orang siswa, kategori Baik (B) dari 6 orang siswa menjadi 19 orang siswa dan kategori Sangat Baik (SB) dari nol menjadi 8 orang siswa. Rata-rata hasil belajar menggambar teknik dasar siswa setelah dilakukan penerapan Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran peningkatan, dimana dari siklus I nilai rata- rata hasil belajar menggambar teknik dasar siswa adalah 72 dengan keterangan siswa tidak kompeten 3 orang, kurang kompeten 14 orang, cukup kompeten 7 orang, kompeten 10 orang, dan yang sangat kompeten tidak ada. Pada siklus II nilai rata - rata hasil belajar menggambar teknik dasar siswa meningkat menjadi 85 dengan keterangan siswa yang sangat kompeten 10 orang, kompeten 16 orang, cukup kompeten 8 orang, sudah tidak ada siswa yang kurang kompeten dan tidak kompeten. Maka peningkatan hasil belajar yang dicapai adalah 18,05%. Dari data-data hasil penelitian yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa minat belajar dan hasil belajar siswa meningkat dengan menerapkan Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 033 |
Keywords: | Media Pembelajaran Video; Minat Belajar; Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Jun 2016 08:13 |
Last Modified: | 24 Jun 2016 08:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5991 |