Riyadi, Yaumil Akhir (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1._NIM._5113311026_COVER.PDF - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 5113311026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (615kB) | Preview
3._NIM._5113311026_ABSTRACT.PDF - Published Version
Download (147kB) | Preview
4._NIM._5113311026_PREFACE.PDF - Published Version
Download (135kB) | Preview
5._NIM._5113311026_TABLE_OF_CONTENT.PDF - Published Version
Download (86kB) | Preview
6._NIM._5113311026_TABLES.PDF - Published Version
Download (98kB) | Preview
7._NIM._5113311026_ILLUSTRATION.PDF - Published Version
Download (32kB) | Preview
8._NIM_._5113311026_APPENDICES.PDF - Published Version
Download (57kB) | Preview
9._NIM._5113311026_CHAPTER_I.PDF - Published Version
Download (757kB) | Preview
13._NIM._5113311026_CHAPTER_V.PDF - Published Version
Download (328kB) | Preview
14._NIM._5113311026_BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat semester ganjil Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur tindakan dikemas ke dalam dua siklus pembelajaran. Dimana siklus pertama mempelajari jenis-jenis batu beton, sifat dan klassifikasi batu beton. Dan siklus siklus kedua mempelajari proses pembuatan batu beton dan pemeriksaan sifat fisik dan mekanik batu beton secara visual. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil pengamatan aktivitas belajar pada siklus I dengan nilai rerata kumulatif kelas 71,53 dengan presentase kelulusan yaitu 72% meningkat menjadi 79,86 dengan presentase kelulusan 80% pada siklus II. Dan Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil pengamatan hasil belajar penilaian diri untuk aspek pengamatan sikap sosial (afektif) yaitu jujur, disiplin dan tanggung jawab yang diberikan berupa kalimat pernyataan hanya pada tahapan pendahuluan siklus I yang berlaku untuk setiap kompetensi dasar materi pokok yang diteliti (Spesifikasi dan Karakteristik Batu Beton) didapat nilai rerata kelas 75,85 dengan presentase penilaian 76 % dikategorikan “Baik (B)” untuk kesekuruhan peserta didik yang diteliti. Kemudian nilai rata-rata hasil belajar kompetensi kognitif pada siklus I dengan nilai rerata kumulatif kelas 73,61 dengan presentase kelulusan yaitu 74% meningkat menjadi 85,42 dengan presentase kelulusan 85 % pada siklus II. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kompetensi psikomotorik pada siklus I dengan nilai rerata kumulatif kelas 77,08 dengan presentase kelulusan yaitu 77% meningkat menjadi 89,58 dengan presentase kelulusan 90% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Stabat Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Tahun Ajaran 2015/2016 membuktikan peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Maka, dari hasil penelitian di atas pengajuan hipotesis yang menyatakan bahwa : 1) penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan dapat diterima, 2) penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar Konstruksi Bangunan dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 012 |
Keywords: | Quantum Teaching; Aktivitas; Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Jun 2016 08:07 |
Last Modified: | 24 Jun 2016 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5990 |