Siregar, Lukmannul Hakim (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 509311018 COPER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 509111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (681kB) | Preview
3. NIM. 509311018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. NIM. 509311018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
5. NIM. 509311018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
6. NIM. 509311018 TABLE.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 509311018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 509311018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 509311018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (606kB) | Preview
13. NIM. 509311018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. NIM. 509311018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran Konstrusi Bangunan pada kelas X program keahlian teknik gambar bangunan terhadap penerapan metode pembelajaran Probing Prompting. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 30 orang. Dari hasil uji coba instrumen yang dilakukan pada siklus I diperoleh 20 soal yang valid dari 25 soal, indeks kesukaran soal diperoleh 12 soal mudah dan 13 soal sedang, daya beda soal diperoleh 10 soal jelek, 10 soal cukup, baik 5 soal, uji realibilitas diperoleh 0,60 (tinggi) dan pada siklus II 20 soal yang valid dari 25 soal, indeks kesukaran soal diperoleh 6 soal mudah dan 19 soal sedang, daya beda soal diperoleh 16 soal jelek, 7 soal cukup, 2 soal baik, uji realibilitas diperoleh 0,42 (sedang). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pada siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan siklus I nilai rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu 69,40 meningkat menjadi 81,33 pada siklus II. Untuk nilai hasil belajar pada siklus I yaitu 72,21 dan meningkat sebesar 13 % menjadi 85 pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Probing Prompting dapat 1) meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses belajar mengajar, 2) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Stabat Tahun Ajaran 2015/ 2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 035 |
Keywords: | Probing Prompting; Aktivitas; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Jun 2016 08:00 |
Last Modified: | 24 Jun 2016 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5989 |