PENGEMBANGAN KONTEN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE 3 DALAM LAYANAN INFORMASI DENGAN TOPIK REGULASI DIRI DALAM BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

IZHARNI, NUR (2024) PENGEMBANGAN KONTEN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE 3 DALAM LAYANAN INFORMASI DENGAN TOPIK REGULASI DIRI DALAM BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1192451013_Cover.pdf] Text
1192451013_Cover.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 1192451013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192451013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 1192451013_Abstrak.pdf] Text
1192451013_Abstrak.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1192451013_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192451013_Kata_Pengantar.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 1192451013_Daftar_Isi.pdf] Text
1192451013_Daftar_Isi.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 1192451013_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192451013_Daftar_Tabel.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1192451013_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192451013_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1192451013_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192451013_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1192451013_BAB_I.pdf] Text
1192451013_BAB_I.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of 1192451013_BAB_II.pdf] Text
1192451013_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)
[thumbnail of 1192451013_BAB_III.pdf] Text
1192451013_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[thumbnail of 1192451013_BAB_IV.pdf] Text
1192451013_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1192451013_BAB_V.pdf] Text
1192451013_BAB_V.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 1192451013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192451013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 1192451013_Lampiran.pdf] Text
1192451013_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif menggunakan
software berupa articulate storyline 3 dalam layanan informasi bagi siswa SMP
Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan fokus topik regulasi diri dalam belajar. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian dan pengambangan research and development
(R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (four-D), yang
terdiri dari 4 langkah utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan),
Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Teknik pengumpulan data
dalam penelitian pengembangan ini menggunakan wawancara, observasi dan
angket. Wawancara dilakukan dengan guru bimbingan konseling, angket berupa
lembar validasi diberikan kepada ahli materi, ahli media dan praktisi lapangan,
angket berupa lembar respon dan lembar kerja peserta didik diberikan kepada
siswa pada subjek penelitian. Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media,
praktisi lapangan yakni guru bimbingan konseling dan 28 siswa kelas VIII-9 SMP
Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2023/2024. Teknik analisis data
penelitian ini berupa analisis data deskriptif kualitaatif dan analisis data deskriptif
kuantitatif. Hasil uji validasi oleh validasi ahli materi sebesar 3,63, validasi ahli
media sebesar 3,83, validasi praktisi lapangan 3,93 dengan keseluruhan tergolong
kategori “Sangat Valid” sehingga layak untuk digunakan. Pada uji kepraktisan
melalui lembar respon peserta didik diperoleh hasil sebesar 94% dengan kategori
“Sangat Praktis”. Pada uji keefektifan melalui lembar kerja peserta didik
diperoleh hasil sebesar 95% dengan kategori “Sangat Efektif”. Dengan demikian
secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media interaktif articulate storyline
3 dengan topik regulasi diri dalam belajar yang telah dikembangkan valid, praktis
dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Articulate Storyline 3, Regulasi Diri dalam Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:42
Last Modified: 23 Jul 2025 04:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59867

Actions (login required)

View Item
View Item