ANALISIS HUBUNGAN SOSIAL ANAK TUNANETRA DI SMA SWASTA CAHAYA MEDAN

HUTABARAT, JODY BINTANG (2024) ANALISIS HUBUNGAN SOSIAL ANAK TUNANETRA DI SMA SWASTA CAHAYA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1192451002_Cover.pdf] Text
1192451002_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 1192451002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192451002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of 1192451002_Abstrak.pdf] Text
1192451002_Abstrak.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 1192451002_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192451002_Kata_Pengantar.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 1192451002_Daftar_Isi.pdf] Text
1192451002_Daftar_Isi.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 1192451002_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192451002_Daftar_Tabel.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 1192451002_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192451002_Daftar_Gambar.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1192451002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192451002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 1192451002_BAB_I.pdf] Text
1192451002_BAB_I.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 1192451002_BAB_II.pdf] Text
1192451002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (944kB)
[thumbnail of 1192451002_BAB_III.pdf] Text
1192451002_BAB_III.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 1192451002_BAB_IV.pdf] Text
1192451002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1192451002_BAB_V.pdf] Text
1192451002_BAB_V.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 1192451002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192451002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 1192451002_Lampiran.pdf] Text
1192451002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan
sosial anak tunanetra di SMA Cahaya, dan untuk mengetahui bagaimana bentuk
bentuk hubungan sosial, aspek aspek hubungan sosial serta perkembangan
hubungan sosial anak tunanetra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek primer dalam
penelitian ini adalah tiga orang siswa dengan gangguan tunanetra di kelas XI dan
XII, dan subjek sekundernya adalah guru dan siswa. Data dikumpulkan dengan
menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk hubungan sosial anak tunanetra di
SMA Swasta Cahaya yaitu proses disosiatif kerjasama dan akomodasi, aspekaspek
hubungan sosial anak tunanetra yaitu adanya kontak sosial primer yang
dilakukan secara langsung, kontak sosial sekunder melalui aplikasi atau perantara,
kontak sosial positif seperti kerjasama, kontak sosial negatif seperti pertentangan
dan pertikaian dan aspek komunikasi verbal yaitu komunikasi langsung seperti
menyapa setiap mendengar suara yang dikenali dan aspek komunikasi non verbal
menggunakan sentuhan seperti salaman dan salim. Berdasarkan temuan penelitian
tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hubungan sosial anak tunanetra di SMA
Cahaya medan terjalin dengan baik sesuai dengan aspek aspek hubungan sosial
dan dibantu dengan fasilitas yang memadai dari sekolah, serta sikap toleransi dari
setiap masyarakat sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Tunanetra, Hubungan Sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:44
Last Modified: 23 Jul 2025 03:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59845

Actions (login required)

View Item
View Item