NABABAN, JHONINDO PARAGATTA (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONSELING TEMA REGULASI DIRI (SELF REGULATION) PADA SISWA KELAS X SMAN 1 SIMANINDO TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
1193151042_Cover.pdf
Download (230kB)
1193151042_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (372kB)
1193151042_Abstrak.pdf
Download (311kB)
1193151042_Kata_Pengantar.pdf
Download (331kB)
1193151042_Daftar_Isi.pdf
Download (287kB)
1193151042_Daftar_Tabel.pdf
Download (176kB)
1193151042_Daftar_Gambar.pdf
Download (251kB)
1193151042_Daftar_Lampiran.pdf
Download (111kB)
1193151042_BAB_I.pdf
Download (378kB)
1193151042_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1193151042_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1193151042_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (622kB)
1193151042_BAB_V.pdf
Download (287kB)
1193151042_Daftar_Pustaka.pdf
Download (301kB)
1193151042_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar regulasi diri yang valid,
efektif, dan praktis dalam pelaksanaan layanan konseling pada siswa kelas X
SMA Negeri 1 Simanindo Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunkaan model
penelitian 4D (Define, Design, Development, Disseminate) subjek dalam
penelitain ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Simanindo Tahun Ajaran
2022/2023 dengan jumlah 30 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah
analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, observasi, dan latihan
regulasi diri. Berdasarkan validasi oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain
grafis terhadap bahan ajar konseling regulasi diri yang dikembangkan
mendapatkan kevalidan, pada ahli materi 90% kategori “sangat valid”, oleh ahli
bahasa memperoleh 83% dengan kategori “sangat valid”, dan persentase ahli
desain grafis sebesar 69% dengan kategori “valid”. Dalam uji coba pengembangan
bahan ajar yang dinilai oleh guru bimbingan konseling pada keefektifan bahan
ajar memperoleh sebesar rata-rata 100dengan kategori “sangat efektif”, dan
kepraktisan bahan ajar rata-rata 100 dengan kategori “sangat praktis”. Kesimpulan
dalam penelitian ini adalah bahwa bahan ajar regulasi diri yang dikembangkan
sudah valid, efektif, dan praktis untuk digunakan pada siswa kelas X SMA Negeri
1 Simanindo Tahun Ajaran 2022/2023.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Bahan Ajar Konseling, Regulasi Diri, 4D. |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:46 |
| Last Modified: | 23 Jul 2025 03:18 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59844 |
