PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONSELING TEMA REGULASI DIRI (SELF REGULATION) PADA SISWA KELAS X SMAN 1 SIMANINDO TAHUN AJARAN 2022/2023

NABABAN, JHONINDO PARAGATTA (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONSELING TEMA REGULASI DIRI (SELF REGULATION) PADA SISWA KELAS X SMAN 1 SIMANINDO TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193151042_Cover.pdf] Text
1193151042_Cover.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 1193151042_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193151042_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of 1193151042_Abstrak.pdf] Text
1193151042_Abstrak.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of 1193151042_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193151042_Kata_Pengantar.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of 1193151042_Daftar_Isi.pdf] Text
1193151042_Daftar_Isi.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 1193151042_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193151042_Daftar_Tabel.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 1193151042_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193151042_Daftar_Gambar.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 1193151042_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193151042_Daftar_Lampiran.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1193151042_BAB_I.pdf] Text
1193151042_BAB_I.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of 1193151042_BAB_II.pdf] Text
1193151042_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1193151042_BAB_III.pdf] Text
1193151042_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1193151042_BAB_IV.pdf] Text
1193151042_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[thumbnail of 1193151042_BAB_V.pdf] Text
1193151042_BAB_V.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 1193151042_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193151042_Daftar_Pustaka.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 1193151042_Lampiran.pdf] Text
1193151042_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar regulasi diri yang valid,
efektif, dan praktis dalam pelaksanaan layanan konseling pada siswa kelas X
SMA Negeri 1 Simanindo Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunkaan model
penelitian 4D (Define, Design, Development, Disseminate) subjek dalam
penelitain ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Simanindo Tahun Ajaran
2022/2023 dengan jumlah 30 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah
analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, observasi, dan latihan
regulasi diri. Berdasarkan validasi oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain
grafis terhadap bahan ajar konseling regulasi diri yang dikembangkan
mendapatkan kevalidan, pada ahli materi 90% kategori “sangat valid”, oleh ahli
bahasa memperoleh 83% dengan kategori “sangat valid”, dan persentase ahli
desain grafis sebesar 69% dengan kategori “valid”. Dalam uji coba pengembangan
bahan ajar yang dinilai oleh guru bimbingan konseling pada keefektifan bahan
ajar memperoleh sebesar rata-rata 100dengan kategori “sangat efektif”, dan
kepraktisan bahan ajar rata-rata 100 dengan kategori “sangat praktis”. Kesimpulan
dalam penelitian ini adalah bahwa bahan ajar regulasi diri yang dikembangkan
sudah valid, efektif, dan praktis untuk digunakan pada siswa kelas X SMA Negeri
1 Simanindo Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bahan Ajar Konseling, Regulasi Diri, 4D.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:46
Last Modified: 23 Jul 2025 03:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59844

Actions (login required)

View Item
View Item