SINAGA, ANJU JUFITER (2024) MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS X MP SMK NEGERI 1 KISARAN TA 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1202151009_Cover.pdf
Download (50kB)
1202151009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (267kB)
1202151009_Abstrak.pdf
Download (60kB)
1202151009_Kata_Pengantar.pdf
Download (175kB)
1202151009_Daftar_Isi.pdf
Download (85kB)
1202151009_Daftar_Tabel.pdf
Download (32kB)
1202151009_Daftar_Gambar.pdf
Download (31kB)
1202151009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (58kB)
1202151009_BAB_I.pdf
Download (380kB)
1202151009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (750kB)
1202151009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (587kB)
1202151009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1202151009_BAB_V.pdf
Download (86kB)
1202151009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (146kB)
1202151009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterbukaan diri melalui layanan
bimbingan kelompok teknik bermain peran pada siswa kelas X MP SMK Negeri 1
Kisaran TA 2023/2024. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan
dengan bentuk penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklusnya terdiri
dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas X MP SMK Negeri 1 Kisaran yang berjumlah 8 siswa yang memiliki
tingkat keterbukaan diri yang rendah berdasarkan hasil rekomendasi dari guru
BK. Data penelitian dikumpulkan dengan angket keterbukaan diri berjumlah 27
item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Data dianalisis secara deskriptif
dengan cara membandingkan persentase yang dicapai sebelum dan sesudah
dilaksanakan bimbingan kelompok. Berdasarkan hasil penelitian yang telah
dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sebelum diberi bimbingan kelompok teknik
bermain peran tingkat keterbukaan diri siswa rata- rata skor 63 dengan persentase
58%. Setelah diberikan bimbingan kelompok teknik bermain peran pada siklus I
peningkatan skor rata-rata tingkat keterbukaan diri siswa menjadi skor 77 dengan
persentase 71% dan pada siklus II keterbukaan diri siswa menjadi skor 90 dengan
persentase 83%. Sehingga terjadi peningkatan keterbukaan diri yang signifikan
setelah dilaksanakan bimbingan kelompok teknik bermain peran pada siswa kelas
X MP SMK Negeri 1 Kisaran TA 2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Keterbukaan Diri, Bimbingan Kelompok, Bermain Peran |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:53 |
| Last Modified: | 22 Jul 2025 07:35 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59801 |
