Banjarnahor, Perinto (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN (PDTM) PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA TELADAN SUMATERA UTARA 2. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5103121024 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 5103121024 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
3. NIM 5103121024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. NIM 5103121024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
5. NIM 5103121024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
6. NIM 5103121024 TABLES.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
7. NIM 5103121024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 5103121024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 5103121024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
13. NIM 5103121024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM 5103121024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar siswa pada standart kompetensi Teknik Pemesinan Bubut dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas X SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 2 yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe TGT sedangkan subjeknya adalah siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah penerapan metode mind mapping meningkat Dimana pada tes awal sebelum diberikan tindakan terlihat bahwa nilai rata-rata kelas 65,5 % dan persentase ketuntasan klasikal hanya 40 %. Pada siklus I dengan penerapan model pembelajaran koperatif tipe TGT diperoleh rata-rata kelas menjadi 73,5 % dan persentase ketuntasan klasikal 66,67 %. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari tes awal baik itu dari segi rata-rata kelas maupun ketuntasan klasikal siswa. Pada siklus II dengan penerapan model pembelajaran koperatif tipe TGT diperoleh peningkatan rata-rata kelas menjadi 82,43 % dan ketuntasan klasikal menjadi 86,6 %. Dengan demikian hasil penelitian membuktikan kebenaran hipotesis tindakan, bahwa Penerapan model pembelajaran koperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar Pengetahuan Dasar Teknik Mesin pada siswa kelas X Di SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 015 |
Keywords: | Model Pembelajaran Koperatif Tipe;Hasil Belajar;Pengetahuan Dasar Teknik Mesin. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Jun 2016 02:36 |
Last Modified: | 23 Jun 2016 02:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5977 |