Zaharani, Adhira Dwi (2024) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF-TALK DALAM MEMINIMALISIR PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII DI SMP SWASTA AL-WASHLIYAH 30 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1202151001_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202151001_Cover.pdf
Download (337kB)
![[thumbnail of 1202151001_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202151001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (249kB)
![[thumbnail of 1202151001_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202151001_Abstrak.pdf
Download (595kB)
![[thumbnail of 1202151001_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202151001_Kata_Pengantar.pdf
Download (586kB)
![[thumbnail of 1202151001_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202151001_Daftar_Isi.pdf
Download (400kB)
![[thumbnail of 1202151001_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202151001_Daftar_Gambar.pdf
Download (323kB)
![[thumbnail of 1202151001_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202151001_Daftar_Tabel.pdf
Download (327kB)
![[thumbnail of 1202151001_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202151001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (329kB)
![[thumbnail of 1202151001_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202151001_BAB_I.pdf
Download (572kB)
![[thumbnail of 1202151001_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202151001_BAB_II.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 1202151001_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202151001_BAB_III.pdf
Download (882kB)
![[thumbnail of 1202151001_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202151001_BAB_IV.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 1202151001_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202151001_BAB_V.pdf
Download (387kB)
![[thumbnail of 1202151001_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202151001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (369kB)
![[thumbnail of 1202151001_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202151001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas teknik self-talk dalam mengurangi prokrastinasi akademik pada siswa SMP Al-Washliyah 30 Medan. Prokrastinasi akademik sering terjadi di kalangan siswa dan berdampak negatif pada prestasi akademik mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest. Sampel terdiri dari 30 siswa yang dipilih secara acak dari populasi siswa yang mengalami prokrastinasi akademik. Pengukuran dilakukan menggunakan skala prokrastinasi akademik sebelum dan sesudah intervensi self-talk. Hasil analisis menunjukkan bahwa teknik self-talk berpengaruh signifikan terhadap penurunan prokrastinasi akademik, dengan nilai signifikansi 0,004 yang lebih kecil dari 0,05. Rata-rata skor prokrastinasi pada pretest adalah 167,87, sedangkan pada posttest menurun menjadi 117,4. Penurunan ini menunjukkan efektivitas teknik self-talk dalam mengurangi prokrastinasi akademik siswa. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa teknik self-talk merupakan intervensi yang efektif dan dapat digunakan oleh guru dan konselor untuk membantu siswa mengatasi masalah prokrastinasi akademik mereka. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam bidang psikologi pendidikan dengan menawarkan solusi praktis untuk mengatasi masalah prokrastinasi akademik yang umum di kalangan siswa sekolah menengah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bimbingan Kelompok, Teknik Self-talk, Prokrastinasi Akademik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:57 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59763 |