PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF-TALK DALAM MEMINIMALISIR PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII DI SMP SWASTA AL-WASHLIYAH 30 MEDAN T.A 2023/2024

Zaharani, Adhira Dwi (2024) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF-TALK DALAM MEMINIMALISIR PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII DI SMP SWASTA AL-WASHLIYAH 30 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202151001_Cover.pdf] Text
1202151001_Cover.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 1202151001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202151001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 1202151001_Abstrak.pdf] Text
1202151001_Abstrak.pdf

Download (595kB)
[thumbnail of 1202151001_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202151001_Kata_Pengantar.pdf

Download (586kB)
[thumbnail of 1202151001_Daftar_Isi.pdf] Text
1202151001_Daftar_Isi.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of 1202151001_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202151001_Daftar_Gambar.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of 1202151001_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202151001_Daftar_Tabel.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of 1202151001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202151001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of 1202151001_BAB_I.pdf] Text
1202151001_BAB_I.pdf

Download (572kB)
[thumbnail of 1202151001_BAB_II.pdf] Text
1202151001_BAB_II.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1202151001_BAB_III.pdf] Text
1202151001_BAB_III.pdf

Download (882kB)
[thumbnail of 1202151001_BAB_IV.pdf] Text
1202151001_BAB_IV.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1202151001_BAB_V.pdf] Text
1202151001_BAB_V.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of 1202151001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202151001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of 1202151001_Lampiran.pdf] Text
1202151001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas teknik self-talk dalam mengurangi prokrastinasi akademik pada siswa SMP Al-Washliyah 30 Medan. Prokrastinasi akademik sering terjadi di kalangan siswa dan berdampak negatif pada prestasi akademik mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest. Sampel terdiri dari 30 siswa yang dipilih secara acak dari populasi siswa yang mengalami prokrastinasi akademik. Pengukuran dilakukan menggunakan skala prokrastinasi akademik sebelum dan sesudah intervensi self-talk. Hasil analisis menunjukkan bahwa teknik self-talk berpengaruh signifikan terhadap penurunan prokrastinasi akademik, dengan nilai signifikansi 0,004 yang lebih kecil dari 0,05. Rata-rata skor prokrastinasi pada pretest adalah 167,87, sedangkan pada posttest menurun menjadi 117,4. Penurunan ini menunjukkan efektivitas teknik self-talk dalam mengurangi prokrastinasi akademik siswa. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa teknik self-talk merupakan intervensi yang efektif dan dapat digunakan oleh guru dan konselor untuk membantu siswa mengatasi masalah prokrastinasi akademik mereka. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam bidang psikologi pendidikan dengan menawarkan solusi praktis untuk mengatasi masalah prokrastinasi akademik yang umum di kalangan siswa sekolah menengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Self-talk, Prokrastinasi Akademik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:57
Last Modified: 22 Jul 2025 03:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59763

Actions (login required)

View Item
View Item