PENGEMASAN BAHAN AJAR TOR-TOR HAROAN BOLON DALAM BENTUK MODUL UNTUK SMK NEGERI SENI DAN BUDAYA PEMATANG RAYA

GARINGGING, YOHANA TRESYA SARAGIH (2024) PENGEMASAN BAHAN AJAR TOR-TOR HAROAN BOLON DALAM BENTUK MODUL UNTUK SMK NEGERI SENI DAN BUDAYA PEMATANG RAYA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2192441009_Cover.pdf] Text
2192441009_Cover.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 2192441009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2192441009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2192441009_Abstrak.pdf] Text
2192441009_Abstrak.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 2192441009_Kata_Pengantar.pdf] Text
2192441009_Kata_Pengantar.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 2192441009_Daftar_Isi.pdf] Text
2192441009_Daftar_Isi.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 2192441009_Daftar_Gambar.pdf] Text
2192441009_Daftar_Gambar.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 2192441009_Daftar_Tabel.pdf] Text
2192441009_Daftar_Tabel.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 2192441009_BAB_I.pdf] Text
2192441009_BAB_I.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of 2192441009_BAB_V.pdf] Text
2192441009_BAB_V.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 2192441009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2192441009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (276kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan pengemasan materi Tor-tor Haroan Bolon
dalam bentuk produk berupa modul ntuk SMK Negeri Seni dan Budaya Pematang
Raya, untuk siswa kelas X sesuai KD 3.1 memahami konsep, teknik, dan prosedur
tari tradisional, dan KD 4.1 Memperagakan gerak tari tradisional berdasarkan
konsep, teknik dan prosedur sesuai dengan hitungan/ketukan. Teori yang digunakan
dalam penelitian ini terkait dengan pengemasan menurut Julianti (2014:30),
“Pengemasan adalah pembuatan, pembungkusan barang/produk kemasan untuk
melindungi barang tersebut dengan didukung oleh beberapa komponen sesuai
kebutuhan kemasan produk”. Bahan Ajar menurut Widodo dan Jasmadi dalam Ika
Lestari (2013),”Bahan ajar adalah seperangkat sarana atau alat pembelajaran yang
berisikan materi pembelajaran”. Jenis penelitian ini adalah penelitian
pengembangan R&D, yang menggunakan model 4D dari S Tiagarajan 1974. Lokasi
penelitian dilaksanakan di SMK Negeri Seni dan Budaya Pematang Raya guna
untuk menggali data tentang Tor-tor Haroan Bolon, dan melakukan mengambilan
foto untuk dokumentasi pada modul di halaman kantor bupati Simalungun. Populasi
dalam penelitian ini adalah seniman Simalungun yang memahami Tor-tor Haroan
Bolon dan panortor. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah dua orang
seniman Simalungun, dan dua orang penari yang menvisiualisasikan gerak Tor-tor
Haroan Bolon untuk kebutuhan modul. Pengemasan Modul ini telah diuji
kelayakannya oleh ahli materi dan ahli media dan validasi siswa. Penilaian ahli
materi untuk aspek kesesuaian KD, kelayakan isi, bahasa, pengorganisasian bahan
memperoleh nilai rata-rata 4,68 dinyatakan layak. Penilaian ahli media untuk aspek
tampilan, isi materi visual modul dengan nilai rata-rata 2,88 dinyatakan layak,
dengan uji coba siswa memperoleh nilai rata-rata secara keseluruhan 4,98. Dapat
disimpulkan penilaian modul dari ahli materi, ahli media dan siswa dinyatakan
“layak” untuk dijadikan bahan ajar seni budaya pada siswa kelas X Sekolah
Menengah Atas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengemasan, Tor-Tor Haroan Bolon, Modul
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 14 Feb 2025 09:32
Last Modified: 14 Feb 2025 09:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59726

Actions (login required)

View Item
View Item