SIAGIAN, HOTMARIAYANI MARTA FRISKA (2024) MUSIK SIHUTUR SANGGUL SEBAGAI RANGSANG AUDIO UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS TARI DI SMK NEGERI SENI DAN BUDAYA PEMATANG RAYA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2192441006_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2192441006_Cover.pdf
Download (41kB)
![[thumbnail of 2192441006_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2192441006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (250kB)
![[thumbnail of 2192441006_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2192441006_Abstrak.pdf
Download (139kB)
![[thumbnail of 2192441006_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2192441006_Kata_Pengantar.pdf
Download (221kB)
![[thumbnail of 2192441006_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2192441006_Daftar_Isi.pdf
Download (130kB)
![[thumbnail of 2192441006_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2192441006_Daftar_Gambar.pdf
Download (75kB)
![[thumbnail of 2192441006_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2192441006_Daftar_Tabel.pdf
Download (75kB)
![[thumbnail of 2192441006_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2192441006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (73kB)
![[thumbnail of 2192441006_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2192441006_BAB_I.pdf
Download (381kB)
![[thumbnail of 2192441006_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2192441006_BAB_V.pdf
Download (129kB)
![[thumbnail of 2192441006_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2192441006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (103kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas tari siswa di SMK Negeri
Seni Dan Budaya Pematang Raya dengan menggunakan musik Sihutur Sanggul
melalui rangsang audio. Teori yang digunakan dalam penelitian ini terkait dengan
audio menurut Wina Sanjaya (2014:118) “Audio adalah jenis media yang
mengandung unsur suara dan dapat didengar”. Metode penelitian yang digunakan
adalah one group pretest posstest design dan penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kuantitatif. Dimana pre-test mencari hasil kreativitas tari siswa sebelum
menggunakan audio, sedangkan post-test mencari hasil kreativitas tari siswa
sesudah menggunakan audio pada kegiatan pembelajaran seni tari di SMK Negeri
Seni Dan Budaya Pematang Raya. Populasi sekaligus menjadi sampel penelitian ini
yaitu siswa/siswi yang mengikuti kegiatan pembelajaran seni tari di SMK Negeri
Seni Dan Budaya Pematang Raya yang berjumlah 36 orang. Aspek penilaian dalam
kreativitas terdiri dari 5 yaitu kelancaran berpikir, keluwesan, elaborasi, originalitas
dan kerja sama dimana kelompok 2 dan kelompok 5 adalah kelompok yang paling
unggul dari kelompok lainnya. Berdasarkan hasil uji normalitas menunjukkan
bahwa data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas membuktikan bahwa
sampel berasal dari populasi homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan
menggunakan uji “t”, hasil perhitungan uji “t” pada media audio dan pengaruhnya
terhadap kreativitas tari siswa pada kegiatan pembelajaran seni tari di SMK Negeri
Seni Dan Budaya Pematang Raya di peroleh besar thitung = 33,65 dan ttabel = 2,032
Sehingga thitung>ttabel (33,65>2,032) maka hipotesis (ha) diterima. Hal ini
membuktikan bahwa audio berpengaruh signifikan terhadap kreativitas tari siswa
pada kegiatan pembelajaran seni tari di SMK Negeri Seni Dan Budaya Pematang
Raya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Musik Sihutur Sanggul, Rangsang Audio, Kreativitas Tari |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 08:32 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 08:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59713 |