HUTAPEA, ERIKA MELFIA HANDAYANI (2024) PEMBELAJARAN TORTOR SIPITU SAOAN DENGAN MODEL PROBING-PROMPTING MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 LAGUBOTI. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2173141006_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173141006_Cover.pdf
Download (43kB)
![[thumbnail of 2173141006_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173141006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (611kB)
![[thumbnail of 2173141006_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173141006_Abstrak.pdf
Download (101kB)
![[thumbnail of 2173141006_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173141006_Kata_Pengantar.pdf
Download (154kB)
![[thumbnail of 2173141006_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173141006_Daftar_Isi.pdf
Download (135kB)
![[thumbnail of 2173141006_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173141006_Daftar_Gambar.pdf
Download (136kB)
![[thumbnail of 2173141006_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173141006_Daftar_Tabel.pdf
Download (174kB)
![[thumbnail of 2173141006_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173141006_BAB_I.pdf
Download (291kB)
![[thumbnail of 2173141006_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173141006_BAB_V.pdf
Download (241kB)
![[thumbnail of 2173141006_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173141006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (142kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembelajaran Tortor Sipitu Saoan
dengan Model Probing-Prompting Menggunakan Media Audio Visual Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Laguboti. Teori pembelajaran
model probing-prompting yang digunakan dalam penelitian ini disampaikan oleh
Shoimin (2014, hlm. 126). Materi pembelajaran tortor sipitu saoan yang di ajarkan
sesuai isi media audio visual pada KD 3.2 yakni simbol, jenis dan nilai estetis ragam
gerak dasar tari tradisi. Metode yang digunakan one group pretest-posttest design.
Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Laguboti berjumlah 245 siswa.
Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, merupakan
teknik sampling yang terermasuk dalam Nonprobability Sampling (pengambilan
sampel secara kebetulan), maka sampel yang di pilih ialah siswa kelas X IPS 3
berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,
dokumentasi, dan tes. instrumen penelitian tes pilihan berganda sebanyak 20 soal
yang sudah di validasi dan digunakan pada saat pretest dan psttest. Data hasil
pretest dan posttest ini diuji dengan uji normalitas dan uji homogenitas berupa soal
yang sudah divalidasi kemudian digunakan sebagai soal pretest dan posttest. Dari
hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil pretest yaitu 45,32 dan nilai ratarata
hasil posttest yaitu 82,32 bahwa hasil yang diperoleh berdistribusi normal. Uji
hipotesis dilakukan menggunakan uji t dengan dengan Microsoft Excel,
berdasarkan table uji t dengan df=31 dan α= 0,05 menunjukkan bahwa t hitung > t
table yaitu 43,396 > 2,042 maa Ho di tolak dan Ha di terima. Dapat di simpulkan
bahwa terdapat peningkatan dari hasil tes pretest atau sebelum di beri perlakuan
dan hasil tes posttest atau sesudah di beri perlakuan mencapai peningkatan sebesar
37,48% terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran materi Tortor Sipitu Saoan
melalui media audio visual dengan model probing-prompting di kelas X IPS 3 SMA
Negeri 1 Laguboti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Tortor Sipitu Saoan, Model Probing-Prompting, Hasil Belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 08:12 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59709 |