PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 10 KOTA TEBING TINGGI

Syakila, Wan (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 10 KOTA TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201111037_Cover.pdf] Text
4201111037_Cover.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 4201111037_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201111037_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 4201111037_Abstrak.pdf] Text
4201111037_Abstrak.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 4201111037_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201111037_Kata_Pengantar.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of 4201111037_Daftar_Isi.pdf] Text
4201111037_Daftar_Isi.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 4201111037_BAB_I.pdf] Text
4201111037_BAB_I.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 4201111037_BAB_V.pdf] Text
4201111037_BAB_V.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 4201111037_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201111037_Daftar_Pustaka.pdf

Download (427kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran scaffolding terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik di SMP Negeri 10 Tebing Tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk desain kuantitatif nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Tebing Tinggi yang berjumlah 165 peserta didik yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes berupa pretest dan posttest dengan analisis data menggunakan aplikasi SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 11,109 > ttabel = 1,669 pada taraf signifikansi 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, maka terdapat pengaruh metode pembelajaran scaffolding terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik di SMP Negeri 10 Tebing Tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep, Metode Pembelajaran Scaffolding, Pembelajaran Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Feb 2025 04:43
Last Modified: 14 Feb 2025 04:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59701

Actions (login required)

View Item
View Item