PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS X SMAS PAB 8 SAENTIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Sembiring, Sri Novalina Br (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS X SMAS PAB 8 SAENTIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111030_Cover.pdf] Text
4203111030_Cover.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 4203111030_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111030_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (708kB)
[thumbnail of 4203111030_Abstrak.pdf] Text
4203111030_Abstrak.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 4203111030_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111030_Kata_Pengantar.pdf

Download (982kB)
[thumbnail of 4203111030_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111030_Daftar_Isi.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 4203111030_BAB_I.pdf] Text
4203111030_BAB_I.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of 4203111030_BAB_V.pdf] Text
4203111030_BAB_V.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 4203111030_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111030_Daftar_Pustaka.pdf

Download (191kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memastikan instrumen tes HOTS yang
dikembangkan valid; (2) meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa
melalui penggunaan instrumen tes HOTS dan model pembelajaran problem based
learning, dan (3) menemukan instrumen tes HOTS yang efektif. Jenis penelitian ini
adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model
4D yang diusulkan oleh Thiagarajan dan Semel (1974) dan dimodifikasi menjadi 3D,
yang mencakup tahap definisi, desain, dan pengembangan. Penelitian dilakukan di
SMAS PAB 8 Saentis dengan siswa kelas X.4 dan X.2 sebagai subjek penelitian.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, lembar validasi, dan angket respon.
Dari hasil penelitian diperoleh: (1) instrumen tes HOTS valid, (2) kemampuan
berpikir kritis siswa meningkat dari uji coba 1 ke uji coba 2 dengan menggunakan
instrumen tes HOTS dan melalui model pembelajaran problem based learning, dan (3)
ditemukan instrumen tes HOTS yang efektif. Soal HOTS sangat penting dan
diperlukan untuk mengukur dan meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa.
Oleh karena itu guru hendaknya memberikan soal HOTS kepada siswa, agar siswa
dapat terus melatih kemaampuan berpikir kritis mereka dengan mengerjakan soal-soal
yang memerlukan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Peneliti lain yang ingin
melakukan penelitian serupa tentang kemampuan berpikir kritis atau kemampuan
berpikir lainnya juga sebaiknya mengembangkan soal HOTS seputar permasalahan
saat ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: instrumen tes HOTS, berpikir kritis, problem based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Feb 2025 04:16
Last Modified: 14 Feb 2025 04:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59696

Actions (login required)

View Item
View Item