Sembiring, Sri Novalina Br (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS X SMAS PAB 8 SAENTIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203111030_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111030_Cover.pdf
Download (114kB)
![[thumbnail of 4203111030_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111030_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (708kB)
![[thumbnail of 4203111030_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111030_Abstrak.pdf
Download (84kB)
![[thumbnail of 4203111030_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111030_Kata_Pengantar.pdf
Download (982kB)
![[thumbnail of 4203111030_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111030_Daftar_Isi.pdf
Download (73kB)
![[thumbnail of 4203111030_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111030_BAB_I.pdf
Download (381kB)
![[thumbnail of 4203111030_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111030_BAB_V.pdf
Download (180kB)
![[thumbnail of 4203111030_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111030_Daftar_Pustaka.pdf
Download (191kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memastikan instrumen tes HOTS yang
dikembangkan valid; (2) meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa
melalui penggunaan instrumen tes HOTS dan model pembelajaran problem based
learning, dan (3) menemukan instrumen tes HOTS yang efektif. Jenis penelitian ini
adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model
4D yang diusulkan oleh Thiagarajan dan Semel (1974) dan dimodifikasi menjadi 3D,
yang mencakup tahap definisi, desain, dan pengembangan. Penelitian dilakukan di
SMAS PAB 8 Saentis dengan siswa kelas X.4 dan X.2 sebagai subjek penelitian.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, lembar validasi, dan angket respon.
Dari hasil penelitian diperoleh: (1) instrumen tes HOTS valid, (2) kemampuan
berpikir kritis siswa meningkat dari uji coba 1 ke uji coba 2 dengan menggunakan
instrumen tes HOTS dan melalui model pembelajaran problem based learning, dan (3)
ditemukan instrumen tes HOTS yang efektif. Soal HOTS sangat penting dan
diperlukan untuk mengukur dan meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa.
Oleh karena itu guru hendaknya memberikan soal HOTS kepada siswa, agar siswa
dapat terus melatih kemaampuan berpikir kritis mereka dengan mengerjakan soal-soal
yang memerlukan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Peneliti lain yang ingin
melakukan penelitian serupa tentang kemampuan berpikir kritis atau kemampuan
berpikir lainnya juga sebaiknya mengembangkan soal HOTS seputar permasalahan
saat ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | instrumen tes HOTS, berpikir kritis, problem based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 04:16 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 04:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59696 |