PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP

Sihombing, Sorta Maria (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111062_Cover.pdf] Text
4193111062_Cover.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of 4193111062_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111062_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of 4193111062_Abstrak.pdf] Text
4193111062_Abstrak.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of 4193111062_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111062_Kata_Pengantar.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 4193111062_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111062_Daftar_Isi.pdf

Download (21kB)
[thumbnail of 4193111062_BAB_I.pdf] Text
4193111062_BAB_I.pdf

Download (712kB)
[thumbnail of 4193111062_BAB_V.pdf] Text
4193111062_BAB_V.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 4193111062_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111062_Daftar_Pustaka.pdf

Download (76kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Means Ends
Analysis (MEA) dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII-7 SMP Negeri
21 Medan; (2) mendeskripsikan proses penyelesaian jawaban siswa dalam
menyelesaikan masalah berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran means ends analysis.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam
dua siklus, untuk setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan di setiap akhir siklus akan
diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Subjek pada penelitian ini adalah siswa
kelas VIII-7 SMP Negeri 21 Medan yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan
data yang digunakan yaitu melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematika,
observasi kemampuan guru, dan observasi aktivitis siswa. Hasil penelitian
menujukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dapat
meningkat setelah diterapakan model pembelajaran means ends analysis dimana rata
rata nilai siswa pada tes kemampuan pemecahan masalah matematika siklus I sebesar
63,11 meningkat menjadi 81,94 pada siklus II dan ketuntasan klasikal pada tes
kemampuan pemecahan masalah matematika siklus I sebanyak 18 siswa (56,25%)
meningkat menjadi 28 siswa (87,5%) pada siklus II; (2) Proses jawaban siswa dalam
menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah matematika berkategori baik, hal
ini dapat dilihat dari jawaban siswa yang sudah dapat memenuhi indikator kemampuan
pemecahan masalah matematika. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Means Ends Analysis dapat meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa di kelas VIII-7 SMP Negeri 21 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Feb 2025 04:09
Last Modified: 14 Feb 2025 04:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59695

Actions (login required)

View Item
View Item