UPAYAMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Muthiah, Siti (2024) UPAYAMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4171111050_Cover.pdf] Text
4171111050_Cover.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 4171111050_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4171111050_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (774kB)
[thumbnail of 4171111050_Abstrak.pdf] Text
4171111050_Abstrak.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 4171111050_Kata_Pengantar.pdf] Text
4171111050_Kata_Pengantar.pdf

Download (696kB)
[thumbnail of 4171111050_Daftar_Isi.pdf] Text
4171111050_Daftar_Isi.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 4171111050_BAB_I.pdf] Text
4171111050_BAB_I.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 4171111050_BAB_V.pdf] Text
4171111050_BAB_V.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 4171111050_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4171111050_Daftar_Pustaka.pdf

Download (137kB)

Abstract

Penelitian ini dijalankan agar meningkatkan kemampuan Pemahaman
Konsep siswa di kelas VII (1) MTsN 2 Medan pada tempo ajaran 2023/2024
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Selain itu,
penelitian ini juga bermaksud agar tahu mekanisme jawaban tes kemampuan
Pemahaman Konsep Matematika siswa di kelas tercantum. Metode yang dipakai
adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Subjek penelitian terjalin dari 29
anak ajar level VII (1) MTsN 2 Medan. Data dikumpulkan melewati selebaran
observasi tenaga ajar dan anak ajar serta tes kemampuan konsep matematis.
Melewati nilai tes kemampuan awal poin menaik dari Pada Tes Pemahaman
Konsep Matematika siklus I didapat poin rerata 44,82 disandingkan pada siklus II
didapat poin rerata 86,19. Maka, peningkatan rata-rata kelas besaran 13,14. Dari
aspek ketuntasan belajar siswa pada siklus I, besaran siswa yang tuntas berbilang
13 anak ajar dari 29 anak ajar atau 44,82% sedangkan total siswa yang mengapai
ketuntasan belajar pada siklus II berbilang 25 anak ajar dari 29 anak ajar atau
86,19%, sampai-sampai digapai peningkatan ketercapaian kemampuan
Pemahaman Konsep Matematika siswa besaran 27,78%. Begitu juga dengan
pengelolaan pembelajaraan yang dijalankan guru. Pada siklus I, poin yang
dikantongi adalah 2,2 dengan taraf baik dan pada siklus II, poin yang dikantongi
adalah 3,32 dengan taraf amat baik. Dapat disimpulkan dari hasil penelitian maka
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achivement Division)
dapat meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dengan
Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team
Achivement Division) di Kelas VII (1) MTsN 2 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Segiempat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Feb 2025 03:55
Last Modified: 14 Feb 2025 03:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59693

Actions (login required)

View Item
View Item