PENGEMBANGAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DI KELAS VIII SMP

Zuhrah, Siti Alif Al (2024) PENGEMBANGAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DI KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111024_Cover.pdf] Text
4203111024_Cover.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 4203111024_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111024_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (532kB)
[thumbnail of 4203111024_Abstrak.pdf] Text
4203111024_Abstrak.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 4203111024_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111024_Kata_Pengantar.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 4203111024_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111024_Daftar_Isi.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 4203111024_BAB_I.pdf] Text
4203111024_BAB_I.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 4203111024_BAB_V.pdf] Text
4203111024_BAB_V.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 4203111024_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111024_Daftar_Pustaka.pdf

Download (197kB)

Abstract

Kurangnya penggunaan metode dan perangkat pembelajaran di kelas menjadi salah
satu hal yang menyebabkan lemahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Kemampuan berpikir kritis sangat penting bagi peserta didik agar dapat
mengkonstruksi argumen dan mengambil keputusan. Penelitian ini dilakukan
dengan tujuan menghasilkan LKPD untuk meningkatkan kemampuan berpikir
kritis peserta didik pada pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing yang
valid, praktis dan efektif serta terjadinya peningkatan kemampuan berpikir kritis
peserta didik melalui penggunaan LKPD tersebut. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Thiagarajan,
Semmel dan Semmel yaitu model 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate)
yang dibatasi sampai tahap develop. Subjek penelitian ini ialah peserta didik kelas
VIII KHD di SMPS An – Nizam Medan. Instrumen Penelitian yang digunakan
adalah lembar validasi, angket kepraktisan LKPD oleh guru dan peserta didik, tes
kemampuan berpikir kritis dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) LKPD yang dikembangkan untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran kooperatif tipe
snowball throwing dikategorikan sangat valid dengan rata rata skor validasi 3.6, (2)
LKPD yang dikembangkan dikategorikan praktis dengan skor rata rata penilaian
guru dan peserta didik sebesar 3.31, (3) LKPD yang dikembangkan dikategorikan
efektif ditunjukkan melalui: sebesar 86,4% peserta didik mencapai ketuntasan
klasikal serta peserta didik merespon positif pembelajaran dengan klasifikasi sangat
tertarik terhadap pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis peserta didik
mengalami peningkatan sebesar 56,36%, dengan N-gain 0,73 menyatakan
peningkatan yang terjadi dikategorikan tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: LKPD, Snowball Throwing, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Feb 2025 03:46
Last Modified: 14 Feb 2025 03:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59692

Actions (login required)

View Item
View Item