PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS OPENENDED BERBANTUAN LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Simanjuntak, Siska Tabita Kristin (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS OPENENDED BERBANTUAN LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4173311094_Cover.pdf] Text
4173311094_Cover.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 4173311094_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173311094_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 4173311094_Abstrak.pdf] Text
4173311094_Abstrak.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4173311094_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173311094_Kata_Pengantar.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 4173311094_Daftar_Isi.pdf] Text
4173311094_Daftar_Isi.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 4173311094_BAB_I.pdf] Text
4173311094_BAB_I.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 4173311094_BAB_V.pdf] Text
4173311094_BAB_V.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 4173311094_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173311094_Daftar_Pustaka.pdf

Download (173kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan E-LKPD interaktif berbasis Open-Ended
berbantuan Liveworksheet yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa, sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah untuk
mengetahui validitas, kepraktisan, efektivitas E-LKPD interaktif yang
dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model
pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D,
terdiri dari tiga tahap yaitu : pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Hasil
tahap pendefinisian digunakan untuk merancang pembelajaran, selanjutnya draft
hasil rancangan divalidasi dan diujicoba untuk melihat efektivitasnya. Uji coba
dilakukan pada siswa kelas VIII-B Gajah Mada Medan. Dari hasil uji coba ini
diperoleh bahwa : (1) E-LKPD interaktif yang dikembangkan memenuhi kriteria
sangat valid dengan rata-rata total validitas materi = 3,48, validitas media= 3,51,
dan RPP = 3,45. (2) E-LKPD interaktif yang dikembangkan memenuhi kriteria
sangat praktis diperoleh dari angket respon siswa dan angket respon guru. Adapun
perolehan nilai kepraktisan dari hasil angket respon siswa adalah 81,85 % dan nilai
kepraktisan dari hasil angket guru adalah 89%. (3) E-LKPD interaktif yang
dikembangkan memenuhi kriteria efektif. Hasil ini dilihat dari tercapainya
ketuntasan belajar siswa diperoleh dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar
85%, rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
sebesar 0,45 dan ketuntusan klasikal meningkat sebesar 6,66%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-LKPD interaktif, model pembelajaran Open-Ended, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Feb 2025 03:39
Last Modified: 14 Feb 2025 03:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59691

Actions (login required)

View Item
View Item