PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEET

Sembiring, Saymara Arnika Br (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEET. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4172111016_Cover.pdf] Text
4172111016_Cover.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 4172111016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4172111016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (922kB)
[thumbnail of 4172111016_Abstrak.pdf] Text
4172111016_Abstrak.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 4172111016_Kata_Pengantar.pdf] Text
4172111016_Kata_Pengantar.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of 4172111016_Daftar_Isi.pdf] Text
4172111016_Daftar_Isi.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 4172111016_BAB_I.pdf] Text
4172111016_BAB_I.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of 4172111016_BAB_V.pdf] Text
4172111016_BAB_V.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 4172111016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4172111016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (464kB)

Abstract

Tujuan umum penelitian ini addalah untuk meningkatkan hasil belajar
peserta didik, sedangkan tujuan khusus penelitian ini yaitu untuk mengetahui
validitas, kepraktisan, dan keefektifan produk LKPD berbasis PMR dengan
menggunakan liveworksheet pada materi peluang di kelas X SMA Negeri 1
Tigalingga. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan
menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X
SMA Negeri 1 Tigalingga, dan objek penetitian ini yaitu LKPD berbasis PMR.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan LKPD berbasis
PMR dengan menggunakan liveworksheet yang berkualitas dari: (1) aspek
validitas dengan skor rata-rata 88,25% kategori sangat valid, (2) aspek kepraktisan
berdasarkan respon yang menyatakan LKPD dapat digunakan dengan revisi sesuai
saran serta kualifikasi rata-rata kegiatan pembelajaran 100% kategori sangat baik,
(3) aspek keefektifan dengan ketuntasan klasikal peserta didik 91,2%,
ketercapaian indikator memahami masalah peluang 71%, indikator merencanakan
penyelesaian masalah peluang sebesar 94%, indikator melaksanakan rencana
penyelesaian sebesar 91%, dan indikator memeriksa kembali sebesar 68%, 96,3%
peserta didik memberikan respon positif, dan waktu pembelajaran menggunakan
LKPD yang dikembangkan tidak melebihi waktu pembelajaran biasanya. Serta
terjedi peningkatan hasil belajar peserta didik dengan skor 0,64 kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: LKPD, PMR, Liveworksheet, ADDIE, Hasil Belajar Peserta didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Feb 2025 03:19
Last Modified: 14 Feb 2025 03:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59688

Actions (login required)

View Item
View Item