PENGEMBANGAN E-LKPD MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEETS BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP PRAYATNA MEDAN

Maryam, Sakinah (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEETS BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP PRAYATNA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201111019_Cover.pdf] Text
4201111019_Cover.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 4201111019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201111019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 4201111019_Abstrak.pdf] Text
4201111019_Abstrak.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of 4201111019_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201111019_Kata_Pengantar.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of 4201111019_Daftar_Isi.pdf] Text
4201111019_Daftar_Isi.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 4201111019_BAB_I.pdf] Text
4201111019_BAB_I.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 4201111019_BAB_V.pdf] Text
4201111019_BAB_V.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 4201111019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201111019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (312kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan
efektivitas E-LKPD menggunakan Liveworksheets berbasis Pendekatan Matematika
Realistik terhadap pembelajaran matematika pada materi teorema Pythagoras, serta (2)
mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan
menerapkan E-LKPD menggunakan Liveworksheets berbasis Pendekatan Matematika
Realistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan
ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Prayatna Medan, serta objek dalam
penelitian ini adalah E-LKPD menggunakan Liveworksheets berbasis Pendekatan
Matematika Realistik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa.
Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
(1) E-LKPD yang dikembangkan valid dengan skor 87,77% pada ahli materi dan
87,08% pada ahli media, keduanya berada dalam rentang 85% ≤ V < 100% dengan
kategori sangat valid, (2) E-LKPD yang dikembangkan telah mencukupi kriteria
kepraktisan (86% ≤ Vp < 100%), yaitu pada kepraktisan guru sebesar 96,67% dan
kepraktisan siswa sebesar 94,90%, (3) E-LKPD yang dikembangkan telah mencukupi
kriteria efektif berdasarkan (a) tercapainya ketuntasan belajar siswa secara klasikal
sebesar 94,1%, (b) rata-rata ketuntasan belajar individual sebesar 85,29 yang artinya
telah tercapai indikator/tujuan pembelajaran, (c) waktu pembelajaran efisien, dan (d)
respon positif siswa sebesar 94,71%, serta (4) E-LKPD yang dikembangkan mampu
meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan perolehan
peningkatan rata-rata pretest sebesar 48,32 dan posttest sebesar 85,29, dengan analisis
N-Gain menunjukkan peningkatan sebesar 0,73 yang termasuk pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-LKPD, Liveworksheets, Pendekatan Matematika Realistik, Kemampuan Pemahaman Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Feb 2025 03:05
Last Modified: 14 Feb 2025 03:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59686

Actions (login required)

View Item
View Item