PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 MEDAN

Marpaung, Octavia Holy Angely (2024) PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183111053_Cover.pdf] Text
4183111053_Cover.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 4183111053_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183111053_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 4183111053_Abstrak.pdf] Text
4183111053_Abstrak.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 4183111053_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183111053_Kata_Pengantar.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 4183111053_Daftar_Isi.pdf] Text
4183111053_Daftar_Isi.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 4183111053_BAB_I.pdf] Text
4183111053_BAB_I.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 4183111053_BAB_V.pdf] Text
4183111053_BAB_V.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 4183111053_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183111053_Daftar_Pustaka.pdf

Download (106kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh kepercayaan diri dan
minat belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII di SMP
Negeri 4 Medan. Analisis regresi ganda menunjukkan hubungan yang kuat antara
kepercayaan diri (X1) dan minat belajar (X2) dengan kemampuan komunikasi
matematis (Y), dengan nilai koefisien korelasi rX1X2Y sebesar 0,849. Koefisien
determinasi (R2) sebesar 0,720 menunjukkan bahwa 72,0% variasi dalam
kemampuan komunikasi matematis dapat dijelaskan oleh kedua variabel tersebut.
Temuan menyoroti bahwa kepercayaan diri yang berlebihan tanpa usaha yang
memadai dapat menghambat kemampuan komunikasi matematis siswa, sementara
minat belajar yang tinggi mendorong keterlibatan aktif dalam proses
pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pendekatan yang
seimbang dalam mengembangkan kepercayaan diri yang adaptif dan
meningkatkan minat belajar dalam konteks pembelajaran matematika. Saran
praktis penggunaan metode pembelajaran yang mendorong diskusi aktif, serta
memberikan lingkungan belajar yang nyaman dan aman untuk meningkatkan
efektivitas pembelajaran matematika dan kemampuan komunikasi matematis
siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kepercayaan Diri, Minat Belajar, Kemampuan komunikasi Matematis, Causalitas Comparative
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Feb 2025 02:44
Last Modified: 14 Feb 2025 02:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59683

Actions (login required)

View Item
View Item