CAHAYANI, HERA ATRISKA (2024) STRATEGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN ABON IKAN BANDENG (Studi pada UMKM Kampung Nelayan Lingkungan XII Kecamatan Medan Belawan). Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1173171010_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173171010_Cover.pdf
Download (173kB)
![[thumbnail of 1173171010_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173171010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (904kB)
![[thumbnail of 1173171010_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173171010_Abstrak.pdf
Download (198kB)
![[thumbnail of 1173171010_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173171010_Kata_Pengantar.pdf
Download (324kB)
![[thumbnail of 1173171010_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173171010_Daftar_Isi.pdf
Download (178kB)
![[thumbnail of 1173171010_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173171010_Daftar_Gambar.pdf
Download (116kB)
![[thumbnail of 1173171010_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173171010_Daftar_Tabel.pdf
Download (144kB)
![[thumbnail of 1173171010_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173171010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (121kB)
![[thumbnail of 1173171010_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173171010_BAB_I.pdf
Download (339kB)
![[thumbnail of 1173171010_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173171010_BAB_V.pdf
Download (258kB)
![[thumbnail of 1173171010_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173171010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (204kB)
Abstract
Kontribusi UMKM tidak dapat dianggap kecil karena signifikansi dari UMKM itu sendiri ialah mampu memberikan peluang bagi pelaku usaha untuk membuka lapangan pekerjaan baru. Peran UMKM yang relatif signifikan terhadap pembangunan ekonomi menjadikan keberlangsungan UMKM dinilai patut untuk dipertahankan. Hal itu pula yang membuat UMKM Kampung Nelayan Lingkungan XII harus memahami pasar dengan menentukan strategi pemasaran agar dapat mempertahankan usahanya. Strategi pemasaran haruslah tepat dan sesuai dengan kondisi pasar saat ini agar pelaksanaannya terlaksana dengan baik dan dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi UMKM Kampung Nelayan Lingkungan XII dalam memasarkan produk abon ikan bandeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan UMKM Kampung Nelayan Lingkungan XII menerapkan 4 (empat) strategi pemasaran yaitu: (1) Strategi Produk, (2) Strategi Harga, (3) Strategi Tempat, (4) Strategi Promosi. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pada strategi produk pemilik UMKM berusaha melnjaga kulalitas produlk yang mellipulti baulran produlk, melrelk dagang, multul/kulalitas, kelmasan dan kelamanan produlk. Pada strategi harga, pemilik UMKM menghitung harga pokok penjualan yang berlandaskan pada beban produksi seperti biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead. Pada strategi tempat, pemilik UMKM memanfaatkan penggunaan fasilitas umum agar dapat belrintelraksi dan melnawarkan produlk. Pada strategi promosi, pemilik UMKM memiliki dua cara yakni secara langsung dan secara tidak langsung (online). Maka dari keempat strategi pemasaran tersebut dapat membantu UMKM Kampung Nelayan Lingkungan XII dalam meningkatkan pemasaran abon ikan bandengnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | strategi, pemasaran, umkm |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB221 Price H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB238 Competition. Production. Wealth |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 09:00 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 09:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59636 |