Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTS Islamiyah Belawan

Harahap, Risfa Rahma (2024) Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTS Islamiyah Belawan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111019_Cover.pdf] Text
4203111019_Cover.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 4203111019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (922kB)
[thumbnail of 4203111019_Abstrak.pdf] Text
4203111019_Abstrak.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 4203111019_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111019_Kata_Pengantar.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of 4203111019_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111019_Daftar_Isi.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 4203111019_BAB_I.pdf] Text
4203111019_BAB_I.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of 4203111019_BAB_V.pdf] Text
4203111019_BAB_V.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 4203111019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (432kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa setelah diterapkannya Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT dengan materi Bangun Ruang Kubus dan Balok terhadap Siswa Kelas VIII-A MTs Islamiyah Belawan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui lima tahap, yaitu penyajian kelas (class precentation), belajar dalam kelompok (teams), permainan (games), pertandingan (tournament), dan penghargaan kelompok (team recognition). Hasil penelitian yaitu: (1) Dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 68,16 dengan 16 siswa yang tuntas dan hasil rata-ratanya menjadi 84,5 pada siklus II dengan 26 siswa yang tuntas. (2) melalui penerapan model pembelajaran TGT, ketuntasan belajar klasikal meningkat dari 53,34% pada siklus I menjadi 86,67% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian adalah melalui penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar materi bangun ruang kubus dan balok pada siswa kelasVIII-A MTs Islamiyah Belawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: model pembelajaran kooperatif, TGT, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Feb 2025 08:24
Last Modified: 06 Feb 2025 08:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59633

Actions (login required)

View Item
View Item