Walad, Husnil (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA MTS SWASTA DARUL MURSYID TAPANULI SELATAN. Masters thesis, UNIMED.
01. Cover.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
02. Lembar Pengesahan, Persetujuan & Tidak Plagiat.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
03. Abstrak.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
04. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
05. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
06. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
07. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
08. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
09. Bab I.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
13. Bab V.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang diajarkan dengan menggunakan multimedia Macromedia Flash lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan menggunakan multimedia PowerPoint. (2) Untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang memiliki gaya berpikir abstrak lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki gaya berpikir konkrit. (3) Untuk mengetahui adanya interaksi antara penggunaan multimedia pembelajaran dan gaya berpikir dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Swasta Darul Mursyid tahun pembelajaran 2014/2015. Pemilihan sampel dilakukan secara random. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes hasil belajar yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk pilihan berganda sebanyak 37 butir soal (2) Lembar gaya berpikir belajar siswa sebanyak 15 item. Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validitas isi dan validitas konstruk serta koefisien reliabilitas. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis inferensial data dilakukan dengan uji Anava 2x2 sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Dari hasil perhitungan yang diperoleh yang dapat dilihat dari hasil penelitian diperoleh bahwa rara-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan Pembelajaran Multimedia Macromedia Flash adalah 26.36, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran multimedia PowerPoint 22.5. Hal ini dapat ditunjukkan dari Fhitung = 9.881 ˃ Ftabel = 4,00, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, (2) perhitungan yang diperoleh yang dapat dilihat dari hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang memiliki gaya Berpikir Abstrak adalah 29.95, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang memiliki gaya Berpikir Konkrit adalah 20.00. Hal ini dapat ditunjukkan dari uji ANAVA yaitu Fhitung = 42.278, sedangkan Ftabel = 4.00. karena Fhitung ˃ Ftabel maka H0 ditolak, dan Ha diterima. (3) diperoleh hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat dilihat hasil uji ANAVA yaitu Hasil Belajar siswa adalah Fhitung = 0.000, sedangkan Ftabel = 4.00. karena Fhitung < Ftabel maka H0 diterima, artinya Tidak Terdapat interaksi penggunaan multimedia dan gaya berpikir dalam mempengaruhi hasil belajar Bahasa Inggris
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.652 1 Wal p |
Keywords: | Multimedia; Gaya berpikir; Bahasa inggris |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 07:54 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 07:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5963 |