Tarigan, Rima Monica (2024) Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran dari Media Sosial YouTube untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203111094_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111094_Cover.pdf
Download (185kB)
![[thumbnail of 4203111094_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111094_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (247kB)
![[thumbnail of 4203111094_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111094_Abstrak.pdf
Download (112kB)
![[thumbnail of 4203111094_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111094_Kata_Pengantar.pdf
Download (149kB)
![[thumbnail of 4203111094_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111094_Daftar_Isi.pdf
Download (177kB)
![[thumbnail of 4203111094_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111094_BAB_I.pdf
Download (253kB)
![[thumbnail of 4203111094_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111094_BAB_V.pdf
Download (96kB)
![[thumbnail of 4203111094_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111094_Daftar_Pustaka.pdf
Download (169kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa melalui penggunaan video pembelajaran dari media sosial youtube. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 35 Medan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 pada siswa kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes pemahaman konsep matematis siswa pada tes awal 40,47 dalam kategori sangat rendah. Pada siklus I ketuntasan klasikal meningkat menjadi 59,4% atau 19 siswa mencapai nilai KKM dengan nilai rata rata sebesar 72,5 dalam kategori sedang. Pada siklus II ketuntasan klasikal semakin meningkat menjadi 90,6% atau 29 siswa mencapai nilai KKM dengan nilai rata rata 83,4 dalam kategori sedang. Pada hasil nilai N-Gain pemahaman konsep matematis siswa menunjukkan terjadi peningkatan pada siklus I ke II dari 0,55 menjadi 0,59 dengan kategori baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Peningkatan, pemahaman konsep matematis, video pembelajaran, media sosial youTube |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 04:56 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59628 |