Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran dari Media Sosial YouTube untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Tarigan, Rima Monica (2024) Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran dari Media Sosial YouTube untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111094_Cover.pdf] Text
4203111094_Cover.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 4203111094_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111094_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 4203111094_Abstrak.pdf] Text
4203111094_Abstrak.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 4203111094_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111094_Kata_Pengantar.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 4203111094_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111094_Daftar_Isi.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 4203111094_BAB_I.pdf] Text
4203111094_BAB_I.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 4203111094_BAB_V.pdf] Text
4203111094_BAB_V.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 4203111094_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111094_Daftar_Pustaka.pdf

Download (169kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa melalui penggunaan video pembelajaran dari media sosial youtube. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 35 Medan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 pada siswa kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes pemahaman konsep matematis siswa pada tes awal 40,47 dalam kategori sangat rendah. Pada siklus I ketuntasan klasikal meningkat menjadi 59,4% atau 19 siswa mencapai nilai KKM dengan nilai rata rata sebesar 72,5 dalam kategori sedang. Pada siklus II ketuntasan klasikal semakin meningkat menjadi 90,6% atau 29 siswa mencapai nilai KKM dengan nilai rata rata 83,4 dalam kategori sedang. Pada hasil nilai N-Gain pemahaman konsep matematis siswa menunjukkan terjadi peningkatan pada siklus I ke II dari 0,55 menjadi 0,59 dengan kategori baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Peningkatan, pemahaman konsep matematis, video pembelajaran, media sosial youTube
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Feb 2025 04:56
Last Modified: 06 Feb 2025 04:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59628

Actions (login required)

View Item
View Item