PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK NAZIFA ISLAMIC SCHOOL

Amalia, Rizki (2024) PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK NAZIFA ISLAMIC SCHOOL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1192113003_Cover.pdf] Text
1192113003_Cover.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 1192113003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192113003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (892kB)
[thumbnail of 1192113003_Abstrak.pdf] Text
1192113003_Abstrak.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 1192113003_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192113003_Kata_Pengantar.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of 1192113003_Daftar_Isi.pdf] Text
1192113003_Daftar_Isi.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of 1192113003_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192113003_Daftar_Gambar.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of 1192113003_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192113003_Daftar_Tabel.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 1192113003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192113003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of 1192113003_BAB_I.pdf] Text
1192113003_BAB_I.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of 1192113003_BAB_V.pdf] Text
1192113003_BAB_V.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of 1192113003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192113003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (236kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan ular tangga terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Nazifa Islamic School. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan bentuk The Equivalent Time Sample Design.. Sampel dari penelitian ini sebanyak 12 anak usia 5-6 tahun. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah permainan ular tangga sedangkan variabel terikat adalah perkembangan sosial emosional anak. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Uji coba instrument dilakukan dengan tes berbentuk pernyataan sebanyak 15 pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon. Hasil dari penelitian ini adalah ada perbedaan tingkat perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Islamic Nazifa School yang kegiatan pembelajarannya dilakukan dengan menggunakan permainan ular tangga. Anak diberikan 2 periode perlakuan yang tidak diberikan kegiatan permainan ular tangga dan 2 periode perlakuan yang diberikan kegiatan permainan ular tangga. Perlakuan pertama (X0) yang tidak diberikan perlakuan anak memperoleh nilai rata-rata 8,08 termasuk kategori tidak baik. Perlakuan kedua (X1) yang diberikan perlakuan dengan kegiatan permainan ular tangga, anak memperoleh nilai rata-rata 10,08 termasuk dalam kategori kurang baik. Selanjutnya perlakuan ketiga (X0) tidak diberikan perlakuan anak memperoleh nilai rata-rata 12,08 termasuk ke dalam kategori baik dan perlakuan keempat (X1) yang diberikan perlakuan dengan kegiatan permainan ular tangga memperoleh nilai rata-rata 15, termasuk dalam kategori sangat baik. Dari skor data tersebut menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan permainan ular tangga dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Nazifa Islamic School. Hal ini dapat dibuktikan dengan output SPSS, terlihat bahwa Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0,002. Karena nilai 0,002 lebih kecil dari 0,05 maka Ha diterima, yang artinya ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar sebelum diberi perlakuan dengan sesudah diberi perlakuan sehingga dapat dikatakan “ada pengaruh yang signifikan melalui permainan ular tangga terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Nazifa Islamic School”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Permainan Ular Tangga, Perkembangan Sosial Emosional
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV697 Protection, assistance and relief > HV697.1 Special classes > HV701 Children
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 09:12
Last Modified: 21 Jul 2025 09:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59616

Actions (login required)

View Item
View Item